Penulis Utama : Sulistyowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Pelaksanaan penyidikan tindak pidana korupsi oleh kejaksaan dan kendala-kendalanya (studi kasus di Kejaksaan Negeri Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2006
Kolasi : ix, 62 hal.
Sumber : UNS-Fak. Hukum NIM.E0002244
Subyek : HUKUM PIDANA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penyidikan tindak pidana korupsi yang dilaksanakan oleh Kejaksaan, kendala dalam pelaksanaan penyidikan serta  upaya  yang dilakukan oleh kejaksaan untuk mengatasinya.

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dan apabila dilihat dari tujuannya termasuk penelitian hukum empiris. Lokasi penelitian di Kejaksaan Negeri Surakarta. Jenis data yang dipergunakan meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan melalui observasi, wawancara, dan penelitian kepustakaan baik berupa buku-buku, peraturan perundang-undangan, dokumen-dokumen dan sebagainya. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis data kualitatif dengan model interaktif.

            Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa Kejaksaan dalam melaksanakan penyidikan tindak pidana korupsi lebih mengacu kepada KUHAP , dan dalam pelaksanannya juga terdapat hal yang berbeda dari penyidikan biasanya karena di Kejaksaan  pelapor, penyidik dan penuntut umum dalam kasus tindak pidana korupsi dilakukan oleh orang yang sama. Dalam pelaksanaan penyidikan tindak pidana korupsi ini Kejaksaan menemui beberapa kendala seperti modus operasi yang canggih, dukungan produk legeslatif yang kurang memadai, dilakukan oleh orang yang ahli dan kadang melibatkan banyak pihak serta kesulitan dalam menghimpun data dan fakta yang akan dipergunakan sebagai bukti permulaan karena kasus korupsi baru akan terungkap setelah kejadiannya selesai dan sudah berlangsung lama. Sedangkan upaya-upaya yang dilakukan Kejaksaan dalam mengatasi kendala-kendala yang muncul  adalah dengan selalu berusaha untuk meningkatkan manajemen dan mengembangkan ilmu pengetahuan serta sumber daya manusia dalam tubuh Kejaksaan, serta meningkatkan kemampuan dan mengembangkan teknik dan trik  yang dapat melatih kemampuan dan daya kreatifitas tim penyidik Kejaksaan,  dalam hal telah dilakukan sesuai prosedur yang ternyata sulit maka Kejaksaan  mengupayakan secara informal misalnya mengenai perijinan, melakukan kerjasama dan koordinasi yang baik dengan berbagai pihak  termasuk Kepolisian dan KPK terutama masyarakat agar dapat turut serta membantu penanganan kasus korupsi. Serta melakukan kontrol dalam perkembangan penyelidikan dan penyidikan agar dapat memperoleh hasil yang maksimal terutama dalam mencari  barang bukti
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Bambang Santoso, S.H., M.H.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum