Penulis Utama : Dinda Djati Kurniasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Pertumbuhan artemia franciscana setelah pemberian kombinasi pakan buatan pada skala laboratorium
Edisi :
Imprint : Surakarta - FMIPA - 2006
Kolasi : xiii, 79 hal.
Sumber : UNS-FMIPA NIM.M0402022
Subyek : ARTEMIA FRANCISCANA-PERTUMBUHAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Artemia franciscana adalah salah satu hewan perairan yang banyak dimanfaatkan sebagai pakan alami bagi ikan dan udang. Agar dapat diperoleh Artemia dengan produktivitas maksimal untuk mendukung kegiatan budidaya ikan dan udang diperlukan pembudidayaan Artemia yang lebih intensif. Keberhasilan produktivitas Artemia tidak lepas dari faktor kualitas pakan yang diberikan. Adanya kombinasi pakan buatan merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk menghasilkan pertumbuhan A. franciscana yang optimal.

Tujuan penelitian ini disamping untuk mengetahui pertumbuhan dan kelangsungan hidup Artemia franciscana setelah pemberian kombinasi pakan buatan, juga untuk mengetahui perlakuan kombinasi pakan yang dapat memberikan hasil pertumbuhan yang paling baik selama pemeliharaan Artemia franciscana.

Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Pakan alami BBPBAP Jepara Jateng. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), berlangsung selama 16 hari dengan 5 macam perlakuan. Pakan buatan yang digunakan berupa dedak halus dan ragi roti yang mempunyai kadar protein sama. Komposisi perlakuan A adalah 0 : 1, komposisi perlakuan B adalah 1 : 0, komposisi perlakuan C adalah 1/3 : 2/3, komposisi perlakuan D adalah 2/3 : 1/3, dan komposisi perlakuan E ½ : ½. Parameter yang diukur meliputi : pertumbuhan Artemia termasuk di dalamnya panjang rata-rata dan berat tubuh rata-rata untuk masing-masing perlakuan, kelangsungan hidup, laju pertumbuhan harian, dan rasio konversi pakan pada Artemia. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan Anava dan dilanjutkan dengan uji DMRT pada taraf signifikansi 5%

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dedak halus yang dikombinasikan dengan ragi roti dapat digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan dan kelangsungan hidup Artemia franciscana. Artemia franciscana yang diberi pakan 2/3 dedak halus dan 1/3 ragi roti secara nyata menghasilkan biomassa (10,47 g/8 L) dan tingkat kelangsungan hidup (67,9%) yang lebih tinggi (P<0,05) dibanding dengan Artemia franciscana yang diberi pakan menurut perlakuan lainnya yang diuji.
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Agung Budihardjo, M.Si.
2. Shanti Listyawati, M. Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA