Penulis Utama : Taqat Wibowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Manfaat produktivitas perusahaan berdasarkan pola integrasi supply chain (penelitian pada Perusahaan Manufaktur Di Kotamadya Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi : x, 70 hal.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0201106
Subyek : SUPPLY CHAIN MANAGEMENT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini membahas tentang bagaimana pola integrasi supply chain yang terbentuk pada perusahaan manufaktur dan apakah dari masing-masing pola yang diterapkan memiliki manfaat produktivitas yang sama.

Tujuan dari penelitian ini tidak lain adalah untuk meneliti apakah terdapat perbedaan manfaat produktivitas berdasarkan pada pola integrasi supply chain pada perusahaan manufaktur. Sehubungan dengan tujuan tersebut hipotesis yang dirumuskan adalah terdapat perbedaan manfaat produktivitas berdasarkan pola integrasi supply chain yang dilakukan perusahaan. Penelitian ini menggunakan penyebaran kuesioner kepada responden perusahaan manufaktur di wilayah Kotamadya Surakarta.

Teknik pengambilan sample menggunakan convenience sampling, sebanyak 32 perusahaan manufaktur di Kotamadya Surakarta menjadi responden dalam penelitian ini

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan manufaktur di Kotamadya Surakarta telah melakukan integrasi baik dengan pemasok maupun pelanggan dengan kapasitas yang berbeda-beda. Penelitian ini mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan pada manfaat produktivitas berdasarkan pola integrasi supply chain. Mayoritas sampel perusahaan dalam penelitian ini menerapkan pola periphery facing. Hasil data yang telah diolah dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pola integrasi periphery facing memiliki perbedaan manfaat produktivitas yang paling tinggi dibandingkan dengan pola integrasi yang lain yang terbentuk dalam penelitian ini (outward facing, supplier facing, customer facing).

Berdasarkan hasil tersebut maka diajukan saran-saran bahwa penggunaan peralatan logistik merupakan aktivitas yang paling vital dalam pembentukan integrasi yang kuat dengan pemasok, sedangkan customization packaging merupakan aktivitas yang sangat penting dalam integrasi dengan pelanggan. Perusahaan dalam menerapkan pola integrasi harus disesuaikan dengan kemampuan dan sumber daya perusahaan. Semakin luas integrasi yang dilakukan akan semakin tinggi manfaat produktivitas yang diperoleh, jika integrasi tersebut dapat dikelola dengan baik. Saran untuk penelitian selanjutnya agar lingkup penelitian bisa diperluas lagi dalam hal area, objek dan ukuran sampel serta pengembangan variabel.
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Achmad Ikhwan Setiawan SE, MT
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis