Penulis Utama : Yunita Rachmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Evaluasi ketepatan penentuan harga pokok produksi menggunakan metode job order costing pada PT Mondrian KlatenKlaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi : xii, 53 hal.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3303196
Subyek : HARGA POKOK PRODUKSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

PT MONDRIAN adalah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang produksi pakaian jadi berupa T-Shirt dan pakaian olah raga. Proses produksi yang dilakukan oleh PT MONDRIAN didasarkan pada produksi secara masal dan pesanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penghitungan harga pokok produksi atas pesanan yang diproduksinya. Untuk tiap pesanan yang dikerjakan, PT MONDRIAN harus mampu menentukan penghitungan harga pokok produksi yang tepat agar tidak mengalami kerugian.

Penentuan harga pokok produksinya menggunakan metode full costing. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan membandingkan antara penghitungan yang dilakukan oleh PT MONDRIAN dengan penghitungan yang dilakukan oleh penulis berdasarkan teori akuntansi biaya. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa cara penghitungan biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung telah sesuai dengan teori yang ada. Untuk penghitungan biaya overhead pabrik oleh PT MONDRIAN adalah kurang sesuai karena hanya memperhitungan unsur biaya overhead pabrik yang bersifat per-kas (tunai). Cara ini mengakibatkan harga pokok produksi yang dibebankan pada masing-masing pesanan menjadi terlalu kecil.

Hasil penelitian membuktikan, bahwa harga pokok produksi menurut penghitungan penulis dan perusahaan terjadi perbedaan yang disebabkan oleh perbedaan cara penghitungan biaya overhead pabrik. Dalam pembebanan biaya overhead pabrik, penulis menggunakan tarif biaya overhead pabrik ditentukan di muka berdasarkan biaya bahan baku. Dari penghitungan harga pokok produksi menurut penulis dan tingkat keuntungan yang diharapkan oleh PT MONDRIAN, diperoleh harga jual yang berbeda dari harga jual yang ditetapkan oleh perusahaan. Hal ini dapat diartikan, bahwa penentuan harga pokok produksi PT MONDRIAN belum tepat sehingga menyebabkan harga jual yang ditetapkan belum mampu mencapai tingkat keuntungan yang telah ditetapkan.

Untuk itu, hasil dari penelitian yang telah dilakukan mendasari penulis dalam pengajuan saran pada PT MONDRIAN untuk periode berikutnya. Untuk penghitungan dan pembebanan biaya overhead pabrik hendaknya tidak didasarkan pada biaya overhead pabrik yang bersifat kas. Agar diperoleh harga pokok produksi yang tepat, PT MONDRIAN harus menggunakan tarif biaya overhead pabrik ditentukan di muka dengan dasar biaya bahan baku. Hal ini dikarenakan unsur biaya overhead pabrik yang paling dominan adalah biaya bahan penolong dan penyebab perubahan biaya bahan penolong adalah biaya bahan baku.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Afis Setyorini, S.E., Akt
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis