Penulis Utama : Sri Hartini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Peranan maintenance mesin untuk kelancaran proses produksi departemen finishing di PT. Kasega Dadidit II Cemani Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-FAK. Ekonomi NIM.F3501070-2004
Subyek : MANAJEMEN PRODUKSI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Dua fungsi pelayanan sangat penting dalam kegiatan produksi adalah pemaliharaan dan penggunaan barang. Pemeliharaan yang baik menjamin bahwa fasilitas-fasilitas produksi akan dapat berproduksi secara efektif, hal itu dihasilkan dari kombinasi pemelihara yang mengantisipasi daya pakai mesin-mesin dan perbaikan kerusakan secepat mungkin ditangani sehingga biaya tenaga kerja menganggur dan sestem mesin tidak produktif dapat diminimumkan. PT Kasega Dadidit II dalam hal ini juga berupaya meningkatkan efisiensi pemeliharaan mesin pada departemen finishing dengan cara mengoptimalkan periode pemeliharaan preventifnya.

Pemeliharaan ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan melakukan observasi terhadap suatu obyek dan hanya mengevaluasi sejauh mana efisiensi kebijaksanaan pemeliharaan yang telah dijalankan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kebijaksanaan pemeliharaan yang paling efisien ditinjau dari biaya yang dihasilkan dan untuk menentukan periode optimal pemeliharaan preventif, selain itu untuk mengetahui tingkat kerusakan yang diharapkan.

Dalam mencapai tujuan tersebut, tahap kegiatan yang dilakukan adalah mengidentifikasi masalah yang timbul, melakukan observasi untuk memperoleh data baik melalui pengamatan ataupun wawancara, kemudian melakukan analisis deskripsi dan dilanjutkan melakukan pembahasan serta kesimpulan dan saran.

PT Kasega Dadidit II adalah perusahaan yang bergerak di bidang furniture. PT Kasega Dadidit II tidak terlepas dari persoalan-persoalan pemeliharaan mesin dalam kegiatan operasinya. PT Kasega Dadidit II dalam hal ini juga berupaya meningkatkan efisiensi pemeliharaan mesin produksinya.

Berdasarkan analisis deskripsi dan peranan maintenance mesin untuk kelancaran proses produksi Departeman Finishing di PT Kasega Dadidit II Cemani Sukoharjo ditarik kesimpulan bahwa periode pemeliharaan masih dapat ditingkatkan lagi dengan cara mengevaluasi periode pemeliharaan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Karsono, Msi
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis