Penulis Utama : Anik Kusmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Analisis efisiensi industri perbankan di Indonesia berdasarkan konsep api (arsitektur perbankan indonesia) tahun 2005
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi : xvii, 133 hal.
Sumber : UNS-Fak Ekonomi NIM.F0102016
Subyek : BANK DAN PERBANKAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efisiensi teknis bank-bank yang ada di Indonesia pada tahun pengamatan (2005) yang berjumlah 125 bank serta untuk mengetahui sumber-sumber yang menyebabkan inefisiensi pada masing-masing bank dan cara mengatasinya. Selain itu juga untuk mengetahui tingkat efisiensi masing-masing kategori bank berdasarkan konsep API. Berdasarkan konsep API bank dikelompokkan berdasarkan jumlah modal. Bank dengan modal diatas Rp 50 trilliun menjadi Bank Internasional, bank dengan modal antara Rp 10 sampai Rp 50 trilliun menjadi Bank Nasional dan bank dengan modal Rp 100 milyar sampai Rp 10 trilliun menjadi Bank Fokus serta bank BPR atau bank dengan kegiatan usaha terbatas dengan modal dibawah Rp 100 milyar. Pada penelitian ini bank Internasional tidak diteliti karena pada tahun pengamatan tidak ada satu bank pun yang masuk kategori bank ini. Berdasarkan beberapa literatur, seperti Carlo A. Favero dan Luca Papi ( 1995: 385-395), Elyas Elyasiani dan Seyed Mehdian (1990: 539-551), dan Hirofumi Fukuyama (1995: 95-107) dihasilkan suatu kesimpulan bahwa ukuran bank mempunyai hubungan positif dengan tingkat efisiensi. Artinya semakin besar ukuran bank tingkat efisiensi yang dicapai juga semakin tinggi, sehingga hipotesis penelitian ini adalah bank dengan modal lebih besar diduga mempunyai tingkat efisiensi yang lebih tinggi pula. Bank Internasional diduga mempunyai efisiensi lebih tinggi dibandingkan dengan bank Nasional, Bank Nasional diduga mempunyai efisiensi lebih tinggi dibandingkan dengan bank Fokus, bank Fokus diduga mempunyai efisiensi lebih tinggi dibandingkan bank dengan kegiatan usaha terbatas.

Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari data sekunder yang dikumpulkan penulis dari beberapa sumber, adapun sumbernya berasal dari laporan keuangan masing-masing bank yang berupa Neraca, Laporan Rugi Laba dan Perhitungan Kewajiban Modal Minimum (PKMM) periode Desember 2005 yang dipublikasikan di website Bank Indonesia dengan alamat www.bi.go.id serta sumber lain yang mendukung penelitian. Pemilihan input dan output yang digunakan didasarkan pada pendekatan intermediasi (intermediation approach). Variabel input yang digunakan adalah aktiva tetap (Fixed Asset), beban personalia (Salary Expense), beban bunga (Interest Expense), beban operasional lainnya (Other Non Interest Expense), total deposito (Total Deposits) dan dana selain deposito (Nondeposit Funds). Sementara outputnya berupa pendapatan bunga (Interest Income), pendapatan operasional lainnya (Non Interest Income), kredit (Loans) dan aktiva produktif lainnya (Other Earning Asset). Untuk mengetahui efisiensi teknis tersebut metode DEA (Data Envelopment Analysis) digunakan dalam penelitian ini.

Dari 125 bank yang diteliti pada tahun 2005 ada sebanyak 54 bank (43,20%) yang sudah efisien dan selebihnya yaitu sebanyak 71 bank (56,80%) belum efisien (inefisien). Apabila ditinjau dari konsep API maka bank Fokus merupakan bank yang paling efisien kemudian disusul bank dengan kegiatan usaha terbatas dan yang terakhir bank Nasional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bank dengan modal lebih besar belum tentu mencapai tingkat efisiensi lebih tinggi dibandingkan dengan bank dengan modal kecil, akan tetapi lebih ditentukan oleh kemampuan bank yang bersangkutan dalam memanfaatkan input yang dimilikinya untuk menghasilkan output secara optimal.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Akhmad Daerobi, MS
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis