Penulis Utama : Mardhina Hayuningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Analisis pengendalian kualitas terhadap tingkat kerusakan produk pada proses produksi di CV. Harapan Baru Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi : xiv, 66 hal.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3503041
Subyek : MANAJEMEN PRODUKSI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Untuk mengetahui sesuai tidaknya kualitas produk akhir dan sudahkah memenuhi standar yang ditetapkan oleh perusahaan dan juga mengetahui apakah kerusakan produk masih dalam batas-batas yang ditolerir, maka teknik analisis data yang digunakan adalah analisa C-chart dengan batas pengawasan atas (UCL) dan batas pengawasan bawah (LCL) serta diagram sebab akibat. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah jumlah produksi selama bulan Oktober - Desember 2005.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa perusahaan belum dapat melaksanakan pengendalian kualitas dengan baik. Hal ini mencerminkan adanya faktor-faktor lain yang masuk dalam sistem produksi sehingga menyebabkan kerusakan yang melebihi batas toleransi Dari perhitungan dapat dilihat masih banyak kerusakan produk yang dalam kondisi out of control. Berdasarkan analisis C-chart ada cara untuk menghilangkan produk yang berada diluar batas pengendalian, cara tersebut adalah merevisi data. Adapun langkah merevisi data adalah mencari garis tengah baru dan batas pengendalian baru. Setelah merevisi data maka jika dilihat pada grafik C-chart baru maka produk yang berada diluar batas pengendalian sudah tidak ada, dengan demikian data sudah sempurna. Disamping itu, perusahaan masih menggunakan mesin-mesin tua dalam produksinya sehingga hasil dan kualitas produksi masih jauh dari target perusahaan.

Agar kualitas produk dapat ditingkatkan lagi, maka perusahaan perlu memberikan insentif kepada para karyawan dengan memberikan pelatihan atau training karena pekerjaan sebagian menggunakan tenaga kerja manusia, diharapkan dengan pemberian intensif ini para karyawan akan lebih terampil, tekun, teliti dan hati-hati dalam melaksanakan tugasnya sehingga kesalahan yang dilakukan sedikit dan mutu produk semakin meningkat. Disamping itu juga harus melakukan perawatan mesin dan pemilihan bahan baku yang berkualitas. Bila mutu produk semakin meningkat, maka akan banyak lagi pelanggan yang memesan produk tersebut, ini berarti perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang Iebih besar dan perusahaan akan lebih cepat berkembang.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Yong Dirgiyatmo, MSc
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis