Penulis Utama : Merdian Shintakirana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Tinjauan kapasitas lentur kolom retrofit dengan metode laminating dari bahan carbon fiber reinforced plastic-wrapping
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Tenik - 2005
Kolasi : xviii, 70 hal.
Sumber : UNS-Fak. Teknik NIM.I0100111
Subyek : KAPASITAS LENTUR KOLOM RETROFIT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Kolom merupakan komponen tekan. Keruntuhan kolom merupakan hal yang sangat merugikan sehingga dalam perencanaan kolom diperhitungkan besarnya kapasitas kekuatan kolom untuk menahan gaya aksial tekan serta momen lentur akibat adanya beban tak sentris. Meskipun dalam perencanaan kapasitas kekuatan kolom sudah diprediksi menerima beban lebih, tidak tertutup kemungkinan suatu struktur menerima beban berlebihan. Kondisi ini dapat diperbaiki agar kemampuan dan penampilan yang dimiliki dapat kembali seperti semula atau mendekati kondisi awal diantaranya dengan me-retrofit kolom yang sudah hancur dengan melapisi kolom menggunakan bahan carbon fiber reinforced plastic- wrapping (CFRP).

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh nilai kapasitas lentur pada kolom setelah diperbaiki dengan bahan CFRP wrapping serta besarnya peningkatan kapasitas lentur setelah diperbaiki dengan bahan CFRP wrapping terhadap kapasitas lentur kolom sebelum mengalami kerusakan.

Penelitian bersifat eksperimental laboratorium. Benda uji yang digunakan terdiri dari 6 buah benda uji silinder dan 3 buah benda uji kolom tampang persegi dengan dimensi 14.5cm x 14.5cm, tinggi 100 cm yang sudah mengalami pembebanan. Kolom yang sudah mengalami pembebanan diperbaiki dan di- retrofit menggunakan campuran beton kemudian melapisi seluruh permukaan kolom dengan CFRP wrapping jenis Sika Wrap Hex-230 C dan direkatkan dengan epoxy Sikadur -330. Data-data yang diamati antara lain nilai kuat tekan, lendutan dan pola retak kolom. Untuk selanjutnya nilai-nilai tersebut dianalisis untuk menghitung momen lentur kolom setelah diperbaiki dan di-retrofit kemudian dibandingkan dengan kolom normal sebelum pembebanan.

Dari hasil penelitian didapatkan momen lentur yang terjadi rata-rata pada kondisi leleh kolom normal adalah 1014.3817 ton mm sedangkan momen lentur yang terjadi rata-rata pada kolom perbaikan dengan CFRP wrapping pada kondisi leleh sebesar 992.7198 ton mm. Sehingga momen lentur yang terjadi pada kolom mengalami penurunan sebesar 2.1355%. Momen lentur yang terjadi rata-rata pada kondisi maksimum kolom normal adalah 1152.1025 ton mm sedangkan momen lentur yang terjadi rata-rata pada kolom perbaikan dengan CFRP wrapping pada kondisi maksimum sebesar 1384.4942 ton mm. Sehingga terdapat peningkatan momen lentur yang terjadi pada kolom sebesar 20.1711%. Momen lentur yang terjadi rata-rata pada kondisi runtuh kolom normal adalah 972.3083 ton mm sedangkan momen lentur yang terjadi rata-rata pada kolom perbaikan dengan CFRP wrapping saat kondisi runtuh sebesar 1150.3193 ton mm. Sehingga momen lentur yang terjadi pada kolom meningkat sebesar 18.3081%

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik