Penulis Utama : Erwin Ristiyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Pola aliran 2 fase (cair-gas) berlawanan arah pada pipa tunggal vertikal berdiameter 1 inci
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik NIM.I0498020
Subyek : ALIRAN DUA FASE BERLAWANAN ARAH
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Aliran dua fase (two-phase flow) adalah bagian dari aliran multifase (multiphase flow) yang mana dibedakan berdasarkan fase alirannya (cair-gas, padat-cair, dan gas padat), arah aliran (searah, dan berlawanan arah), dan posisi pipa (vertikal, horisontal atau miring). Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh visualisasi aliran, penurunan tekanan tiap pola aliran dan peta pola aliran. Pengujian dilakukan dengan variasi kecepatan cairan dan variasi kecepatan gas.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan pipa transparan (plexiglass) dengan diameter dalam 25,3 mm dengan fluida kerja air dan udara. Kondisi aliran yang diteliti pada kecepatan cairan 0,14 m/s sampai dengan 1,4 m/s dan kecepatan udara antara 0,212 m/s sampai dengan 2,624 m/s. Properti udara dan air diukur pada suhu penelitian 27-300 C.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan dari kecepatan air dan kecepatan udara mempengaruhi beda tekan dan pola aliran. Pola aliran yang terjadi adalah aliran gelembung, aliran transisi gelembung dengan aliran kantung udara, aliran kantung udara, aliran transisi kantung udara dengan aliran acak, aliran acak. Tidak ditemukan adanya aliran cincin, hal ini dikarenakan kondisi alat ukur debit udara (rotameter) yang tidak dapat mengukur debit udara sampai aliran cincin. Penurunan tekanan akan berkurang secara perlahan dengan meningkatnya kecepatan aliran udara dan relatif konstan setelah mencapai pola aliran acak.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik