Penulis Utama : Priyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Ibu-ku sebagai sumber ide dalam penciptaan karya lukis
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra - 2006
Kolasi : xiii, 35 hal.
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0600024
Subyek : SENU LUKIS
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Permasalahan yang dibahas dalam tugas akhir ini, yaitu (1) Sejauh mana peranan seorang ibu dalam lingkungan keluarga? (2) Sejauh mana sosok ibu dapat menjadi sumber ide dalam penciptaan karya lukis? (3) Bagaimana bentuk visual dari interprestasi terhadap tema yang berhubungan dengan sosok seorang ibu?

Tujuan tugas akhir ini adalah (1) Memberikan gambaran peranan seorang ibu dalam lingkungan keluarga. (2) Menggambarkan sosok ibu yang dapat menjadi sumber ide dalam penciptaan karya lukis. (3) Visualisasi terhadap tema yang berhubungan dengan sosok seorang ibu.

Persoalan keluarga adalah permasalahan yang sangat penting. Keluarga adalah tempat perlindungan yang nyaman dan tempat tumbuhnya benih-benih kehidupan yang baru dan segar. Keluarga dalah tempat dimana seorang anak mendapatkan tempaan pertama kali yang kemudian menentukan baik-buruk kehidupan setelahnya di masyarakat. Hingga tak salah lagi kalau keluarga adalah elemen penting dalam menentukan baik-buruknya masyarakat.

Tokoh kunci dalam keluarga adalah ibu. Ibu memiliki kaitan emosional yang sangat erat dengan anak yang dikandung dan dilahirkannya. Sementara si anak memiliki kecenderungan yang kuat pula untuk lebih condong pada ibu. Hubungan psiko-emosional ini merupakan hal yang sangat elementer dalam proses pendidikan dan pembentukan jati diri sang anak. Ibu yang baik akan menciptakan suatu kondisi dan lingkungan yang sehat, baik fisik maupun mental bersama suami dimana sang anak tumbuh dengan ekspektasi-ekspektasi tertentu.

Dalam karya-karya Tugas Akhir ini, penulis menciptakan 15 lukisan yang berukaran sama yaitu 50 x 60 centimeter. Karya yang bergaya dekoratif ini menggunakan kanvas sebagai media dasarnya, dan cat minyak sebagai pawarnanya. Lukisan tersebut bertemakan ibu, sehingga penulis menghadirkan figur wanita sebagai obyek utamanya, yang kemudian di destorsi sedemikian rupa hingga mengalami perubahan bentuk menurut kehendak penulis.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Agus Purwantoro
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa