Penulis Utama : Joko Sutrisno
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Proses terjadinya kontrak dagang ekspor pada CV. Hari Internasional di Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3103075
Subyek : PERDAGANGAN INTERNASIONAL-EKSPORT
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui proses terjadinya kontrak dagang ekspor yang dilakukan CV. Hari Internasional dan apa saja hambatan yang dihadapi dalam proses kontrak dagang ekspornya, serta bagaimana cara mengatasi hambatan-hambatan tersebut.

Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, yaitu mengambil satu obyek tertentu untuk dianalisa secara mendalam dengan memfokuskan pada satu masalah. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer dilakukan melalui wawancara langsung dari bagian ekspor maupun staff karyawan selama magang kerja yang dilakukan selama kurang lebih 1 bulan di CV. Hari Internasional Sukoharjo, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku bacaan atau artikel yang ada kaitannya dengan pokok pembahasan dalam menyusun tugas akhir.

Hasil penelitian ini adalah bahwa proses kontrak dagang ekspor yang dilakukan oleh CV. Hari Internasional yaitu mulai promosi, inqury, offersheet, ordersheet, export sale’s contract, sampai sale’s confirmation untuk para buyer yang masih baru. Sedangkan untuk buyer yang sudah menjadi langganan atau buyer tetap tahap kontrak dagang ekspor cukup dengan ordersheet dan kontrak dagang ekspor dengan syarat pembayaran dilakukan dengan cara Telegraphic Transfer (TT) yaitu dengan uang muka sebesar 30 %. Dalam promosi CV. Hari Internasional mengikuti pameran dagang baik di dalam maupun di luar negeri yang dilakukan setiap 6 bulan sekali. Hambatan-hambatan yang dihadapi CV. Hari Internasional dalam proses kontrak dagang ekspor adalah pertama tidak bisa memenuhi semua pesanan buyer dan menentukan kesepakatan harga dengan buyer yang masih baru.

Dari hasil penelitian diatas penulis menyarankan agar CV. Hari Internasional memperhatikan syarat-syarat kontrak dagang yang diinginkan oleh importer dengan teliti, karena jika CV. Hari Internasional tidak memenuhi salah satu saja bias berakibat fatal bagi perusahaan. Dalam melakukan promosi sebaiknya perusahaan juga menggunakan media internet. Untuk memenuhi pesanan buyer sebaiknya perusahaan menambah jumlah karyawan tetapnya dan menambah jumlah pasokan barang dari supplier, sehingga dapat memenuhi semua pesanan dari buyer tepat waktu. Dengan pelayanan yang baik kepada pihak yang akan memean barang dan ketepatan dalam pengiriman barang akan menambah rasa tertarik dan kepercayaan yang tinggi dari pihak importer kepada perusahaan sehingga dapat dijalin hubungan kerja sama dalam jangka panjang terutama untuk para buyer yang masih baru. Dan untuk menentukan harga dengan para buyer yang masih baru perusahaan dapat menggunakan strategi harga misalnya ; EXW, FOB, CFR, atau CIF.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dwi Prasetyani, SE, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis