Penulis Utama : Dyah Putri Widyawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Evaluasi penentuan tarif sewa kamar pada RSU PKU Muhammadiyah Delanggu tahun 2005
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi : xii, 59 hal.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3303047
Subyek : RUMAH SAKIT UMUM
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Rumah sakit PKU Muhammadiyah Delanggu merupakan amal usaha muhammadiyah yang bergerak dalam usaha kesehatan untuk tujuan kemanusiaan dan amal ma’ruf nahi mungkar. Dalam melakukan kegiatan operasionalnya RSU PKU Muhammadiyah Delanggu bersaing dengan rumah sakit yang lain. Untuk dapat memenangkan persaingan tersebut rumah sakit harus mampu menetapkan tarif yang tepat dan menjaga mutu pelayanan yang diberikan pada pasien.

Analisis data yang dilakukan penulis menemukan hasil bahwa RSU PKU Muhammadiyah Delanggu menetapkan tarif berdasarkan tarif pesaing. Tarif yang diterapkan tidak didasarkan pada penghitungan unit cost per bed per hari. Oleh karena itu penulis melakukan perhitungan unit cost per bed per hari  (unit cost) dengan metode full costing. Unit cost yang telah ditentukan kemudian dijadikan dasar dalam penentuan tarif. Hasil yang diperoleh membuktikan bahwa untuk kelas Ahmad dahlan dan Hamka tarif yang ditetapkan oleh rumah sakit lebih besar dari tarif usulan penulis. Kelas Ar-fahrudin tarif yang dihitung penulis lebih besar dari tarif yang diterapkan. Hal ini membuktikan bahwa tarif yang diterapkan oleh rumah sakit didasarkan pada perhitungan unit cost yang kurang tepat.

             Temuan yang penulis peroleh tersebut menunjukkan bahwa untuk kelas Ahmad dahlan dan Hamka RSU PKU Muhammadiyah Delanggu masih dapat menurunkan tarif tanpa harus mengurangi tingkat keuntungan yang di harapkan. Kelas Ar-fahrudin tarif yang di terapkan terlalu rendah untuk dapat mencapai subsidi seperti yang diterapkan.

            Hasil penelitian mendasari penulis dalam mengajukan rekomendasi bagi RSU PKU Muhammadiyah Delanggu dalam hal penetapan tarif yaitu hendaknya RSU PKU Muhammadiyah Delanggu melakukan perhitungan biaya operasional per unit masing-masing kelas dengan metode tertentu seperti metode full costing yang dilakukan penulis dalam melakukan penelitian. Hal ini perlu di lakukan agar tarif yang di lakukan menjadi lebih tepat. Selain itu untuk dapat lebih mampu bersaing RSU PKU Muhammadiyah Delanggu senantiasa perlu meningkatan mutu dan pelayanan serta fasilitas yang dimiliki demi lebih memuaskan konsumen.  
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Agus Budiatmanto, MSi, Ak
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis