Penulis Utama : Aries Prihandoko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Analisis saluran distribusi dalam meningkatkan volume penjualan pada CV. Meda Collection Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi : xi, 48 hal.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3202018
Subyek : DISTRIBUSI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pada umumnya tujuan dari perusahaan adalah menjaga kelangsungan hidup perusahaan. Untuk mewujudkan tujuan tersebut perusahaan harus mampu memasarkan produk yang dihasilkannya. Maka dari itu diperlukan adanya saluran distribusi yang efisien dalam memasarkan produknya. Pelaksanaan kebijaksanaan saluran distribusi akan mempengaruhi volume penjualan, karena itu diperlukan saluran distribusi yang efisien sehingga akan meningkatkan volume penjualan.

            Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran jelas tentang saluran distribusi yang digunakan CV. Meda Collection dan saluran distribusi mana yang paling efisien yang digunakan oleh CV. Meda Collection dalam mencapai volume penjualan yang optimal.

            Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi sedangkan data yang digunakan adalah sekunder. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif analisis efisiensi biaya distribusi dan analisis korelasi biaya distribusi dengan volume penjualan.

            Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa CV. Meda Collection menggunakan dua saluran distribusi yaitu saluran distribusi langsung (perusahaan langsung menyalurkan produknya kepada konsumen akhir) dan saluran distribusi tidak langsung (perusahaan menggunakan perantara dalam menyalurkan produknya ke konsumen akhir) dan dari analisis efisiensi biaya distribusi bahwa analisis efisiensi saluran distribusi langsung dari tahun 2001 – 2005 adalah 10,82 ; 10,90 ; 9,64 ; 9,19. Sedangkan saluran distribusi tidak langsung adalah 11,73 ; 11,86 ; 9,43 ; 9,26. Sehingga saluran distribusi langsung lebih efisien dibandingkan saluran distribusi tidak langsung karena presentase saluran distribusi langsung lebih rendah dari saluran distribusi tidak langsung. Hasil perhitungan koefisien korelasi distribusi langsung sebesar r1 = 0,9788 sedangkan distribusi tidak langsung sebesar r2 = 0,9244 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penghitungan korelasi distribusi langsung dan distribusi tidak langsung sama-sama positif dan searah.

            Saran yang dapat diberikan untuk CV. Meda Collection agar meningkatkan volume penjualan produk adalah sebagai berikut, perusahaan hendaknya meningkatkan penggunaan saluran distribusi langsung, dan untuk meningkatkan volume penjualan CV. Meda Collection hendaknya memanfaatkan saluran distribusi tidak langsung untuk memperluas daerah pemasarannya dan meningkatkan volume penjualan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Sinto Sunaryo
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis