Penulis Utama : Woro Budiasih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Evaluasi pelaksanaan pemungutan pajak parkir di Kabupaten Klaten tahun anggaran 2002-2005
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3403114
Subyek : PAJAK
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pajak Parkir merupakan salah satu pajak daerah yang berpotensi mendukung Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Klaten. Alasan penulis mengapa Pajak Parkir sangat berpotensi di Kabupaten Klaten karena Pajak Parkir merupakan pajak terbaru yang masih belum optimal dikelola oleh Dipenda Klaten. Pajak Parkir baru disosialisasikan tahun 2002 dengan diterbitkannya Peraturan Daerah Kabupaten Klaten Nomor 21 Tahun 2002 tentang Pajak Parkir. 

Penelitian yang dilakukan penulis lebih berfokus pada pelaksanaan dalam pemungutan Pajak Parkir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pelaksanaan pemungutan Pajak Parkir di Kabupaten Klaten sudah sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 21 Tahun 2002 tentang Pajak Parkir, dan untuk mengetahui kendala atau hambatan apa sajakah yang dihadapi dalam pelaksanaan pemungutan Pajak Parkir serta mengetahui upaya apa saja yang dilakukan Dipenda dalam menghadapi kendala tersebut. 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pemungutan Pajak Parkir di Kabupaten Klaten belum sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 21 Tahun 2002 tentang Pajak Parkir. Hal ini dikarenakan adanya beberapa ketentuan dalam Peraturan Daerah yang tidak dilaksanakan dalam pemungutan Pajak Parkir di lapangan, sehingga pelaksanaan pemungutan Pajak Parkir di Kabupaten Klaten menjadi kurang maksimal. Selain itu, adanya hambatan dalam pemungutan Pajak Parkir. Hambatan yang paling utama adalah kurangnya kesadaran masyarakat dalam membayar pajak, sehingga banyak terjadi penunggakan pajak. Selain itu, kurang tegas dan disiplinnya petugas pajak dalam menindak pelanggaran pajak.

Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi Dipenda terkait, sehingga dapat digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan pemungutan Pajak Parkir agar tercapai hasil  maksimal.    
File Dokumen : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Juliati, S.E.,Ak
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis