Penulis Utama : Antonius Oenadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2007
Judul : Peranan komunitas tionghoa dalam jaringan perdagangan batik di Surakarta 1901-1929
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2007
Kolasi : xiii, 67 hal.
Sumber : UNS-FKIP Jur. IPS-K4402013
Subyek : BATIK-PERDAGANGAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) latar belakang munculnya komunitas Tionghoa di Surakarta, (2) jaringan perdagangan batik di Surakarta, (3) peranan komunitas Tionghoa dalam jaringan perdagangan batik di Surakarta.

Penelitian ini menggunakan metode historis, yakni kegiatan mengumpulkan sumber-sumber dan menganalisa fakta masa lampau secara obyektif dan sistematis. Sumber yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber primer yang berupa arsip dan sumber sekunder yang berupa buku-buku literatur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi pustaka yaitu melakukan pencatatan dari buku-buku yang memuat tentang permasalahan yang diteliti sehingga data yang dibutuhkan cepat terkumpul. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisa yang menggunakan ketajaman dalm melakukan interpretasi fakta sejarah. Prosedur penelitian yang digunakan adalah prosedur penelitian sejarah dengan urutan sebagai berikut : heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Kemunculan komunitas Tionghoa di Surakarta disebabkan oleh peraturan kependudukan yang dikeluarkan pemerintah kolonial Belanda, yang mengelompokkan pemukiman penduduk berdasarkan etnis; (2) Jaringan perdagangan batik di Surakarta dikuasai oleh tiga etnis utama yaitu etnis Bumiputera yang bergerak di sektor produksi dan etnis Arab serta Tionghoa yang bergerak di sektor distribusi; (3) Komunitas Tionghoa dalam jaringan perdagangan batik di Surakarta menginvestasikan keuntungan usahanya di dalam perusahaan-perusahaan yang mendukung kelangsungan usahanya sehingga mampu meningkatkan perannya dari pedagang perantara bahan baku batik menjadi produsen batik dalam skala besar.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Sariyatun, M.Pd., M.Hum
2. Drs. Djono, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP