Penulis Utama : Alfiani Arumndari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Pelaksanaan pembinaan narapidana narkoba pengidap hiv/aids di lembaga pemasyarakatan khusus narkotika Jakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2006
Kolasi : ix, 66 hal.
Sumber : UNS-Fak. Hukum NIM.E 0003068
Subyek : PEMBINAAN NARAPIDANA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan bentuk pembinaan narapidana narkoba pengidap HIV/AIDS di Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Khusus Narkotika Jakarta serta kendala dan solusi mengatasinya.

Penelitian ini merupakan penelitian empiris yang bersifat deskriptif. Lokasi penelitian di LAPAS Khusus Narkotika Jakarta. Jenis data yang dipergunakan meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan penelitian kepustakaan baik berupa buku-buku, peraturan perundang-undangan, dokumen-dokumen, dan sebagainya. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan metode berpikir deduktif.

            Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa pelaksanaan pembinaan narapidana narkoba pengidap HIV/AIDS di LAPAS Khusus Narkotika Jakarta dilakukan sama dengan pembinaan narapidana lain pada umumnya. Hanya saja, bagi narapidana narkoba pengidap HIV/AIDS diberikan perhatian dan perawatan yang lebih khusus dan intensif. Pembinaan terhadap narapidana pengidap HIV/AIDS tidak dibeda-bedakan sebab pihak LAPAS menerapkan kebijakan tersebut dengan alasan menjaga kerahasiaan bahwa narapidana yang bersangkutan adalah seorang pengidap HIV/AIDS. Selain itu, ditujukan untuk melindungi kepentingan narapidana itu sendiri, dalam artian bahwa mereka tidak dipisahkan dalam ruangan sel tersendiri agar mereka tidak dikucilkan dari pergaulan atau dijauhi oleh sesama penghuni dan membuat mereka merasa sama dengan narapidana lain dan menjadi bagian dari kehidupan di LAPAS.

            Beberapa hal yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pembinaan narapidana narkoba pengidap HIV/AIDS di LAPAS Khusus Narkotika Jakarta adalah seputar masalah kurangnya sumber daya manusia seperti tenaga medis dalam menangani narapidana narkoba yang mengidap HIV/AIDS, keterbatasan sarana dan prasarana perawatan seperti obat-obatan dan laboratorium dan sarana pencegahan penularan seperti kondom dan alat suntik, kurangnya fasilitas gedung yang terisi melebihi kapasitas wajarnya, kurangnya faktor dana untuk pelayanan kesehatan, dan faktor internal dari narapidana yang bersangkutan seperti kelainan seks dan pembuatan tindik/tato. Solusi atas kendala-kendala tersebut dilakukan LAPAS Khusus Narkotika dengan meningkatkan pengawasan semaksimal mungkin dan mengadakan kerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak di bidang AIDS baik dalam pengadaan obat-obatan, pengadaan tenaga medis dan konselor maupun pengadaan penyuluhan berkala tentang bahaya AIDS.

            Implikasi teoritis penelitian ini adalah adanya pembinaan yang sama terhadap narapidana di LAPAS Khusus narkotika, sedangkan implikasi praktisnya adalah hasil penelitian ini dapat dipakai sebagai rujukan pembinaan narapidana di LAPAS Khusus Narkotika Jakarta.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum