Penulis Utama : Peni Rudiyati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2007
Judul : Penegakan hukum penyalahgunaan visa berdasarkan undang-undang nomor 9 tahun 1992 tentang keimigrasian di Kantor Imigrasi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2007
Kolasi : X, 93 hal.
Sumber : UNS-Fak. Hukum NIM.E0002031
Subyek : PENYALAHGUNAAN VISA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penegakan hukum penyalahgunaan visa berdasarkan Undang-undang Nomor 9 Tahun 1992 tentang Keimigrasian di Kantor Imigrasi Surakarta, hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi dalam rangka penegakan hukum penyalahgunaan visa di kantor imigrasi Surakarta serta upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan-hambatan tersebut. Seperti yang kita ketahui penegakan hukum terhadap tindak pidana imigrasi khususnya dalam hal ini adalah penyalahgunaan visa adalah dapat dilakukan dengan tindakan Pro Yustisia dan tindakan Administrasi / tindakan Keimigrasian.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian empiris yang bersifat deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah di Kantor Imigrasi Surakarta. Jenis data yang dipergunakan meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan penelitian kepustakaan baik berupa buku-buku, peraturan perundang-undangan, dokumen-dokumen dan sebagainya. Dari data-data primer maupun sekunder tersebut, kemudian dianalisis secara kualitatif dengan model interaktif sehingga diperoleh suatu gambaran yang akurat mengenai hasil penelitian.

Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa penegakan hukum penyalahgunaan visa di Kantor Imigrasi Surakarta meliputi dua cara yaitu berupa tindakan preventif dan represif. Penegakan hukum yang bersifat preventif dapat berupa tindakan pengawasan terhadap orang asing yang ada di wilayah kerja Kantor Imigrasi Surakarta sedangkan penegakan hukum yang bersifat represif meliputi tindakan Pro Yustisia dan Tindakan Administrasi / Tindakan Keimigrasian. Penegakan hukum penyalahgunaan visa di Kantor Imigrasi Surakarta belum berjalan dengan lancara karena kurangnya Sumber Daya Manusia yang baik secara kualitas maupun kuantitas, kurangnya sarana dan prasarana dan Sistem  Informasi Manajemen Keimigrasian, lemahnya koordinasi antar instansi yang terkait dan kurangnya peran serta masyarakat. Adapun usaha untuk mengatasi hambatan tersebut, Kantor Imigrasi Surakarta melakukan tindakan penambahan personil / aparat Kantor Imigrasi Surakarta dan mengimbau pejabat kantor imigrasi untuk mengikuti pendidikan sebagai PPNS, menambah sarana dan prasarana serta sistem informasi manajemen keimigrasian, meningkatkan koordinasi antar instansi yang terkait dan melakukan penyuluhan terhadap masyarakat di lingkungan Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Surakarta mengenai hal-hal yang berkaitan dengan keimigrasian.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Budi Setiyanto, S.H.
2. Bambang Santoso, S.H, M. Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum