Penulis Utama : Gita Nurlitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2007
Judul : Studi tentang pelaksanaan hak-hak anak pidana di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kutoarjo ditinjau dari pasal 14 undang-undang no 12 tahun 1995 tentang pemasyarakatan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2007
Kolasi : xi, 61 hal.
Sumber : UNS-Fak. Hukum NIM.
Subyek : PIDANA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan hak-hak Anak Pidana di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kutoarjo ditinjau dari Pasal 14 Undang-Undang No. 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan dan mengetahui hambatan-hambatan yang ada dalam pelaksanaan hak-hak Anak Pidana di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kutoarjo.

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dan apabila dilihat dari tujuannya termasuk penelitian hukum empiris. Lokasi penelitian di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kutoarjo. Jenis data yang dipergunakan meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan yaitu melalui observasi, wawancara dan penelitian kepustakaan baik berupa buku-buku, peraturan perundang-undangan, dokumen-dokumen dan sebagainya. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan model interaktif.

Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa secara umum hak-hak Anak Pidana di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kutoarjo sebagaimana tercantum dalam Pasal 14 UU No.12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan belum dilaksanakan dengan baik karena dalam pelaksanaannya masih terbatas dan kurang optimal. Adapun bentuk pelaksanaan hak-hak Anak Pidana tersebut berupa pelaksanaan kegiatan ibadah rutin dan insidentil, mengadakan siraman rohani dan kegiatan olahraga yang dilakukan rutin setiap minggu, kegiatan pendidikan formal Kelompok Belajar (Kejar) Paket C yang diadakan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Purworejo, kegiatan pendidikan nonformal melalui pemberian kursus-kursus keterampilan kepada para Anak Pidana, pemeriksaan kesehatan rutin 2x (dua kali) dalam setiap bulan dan pelayanan makan 3x (tiga kali) sehari kepada para Anak Pidana, memberikan akses kepada para Anak Pidana untuk memperoleh informasi baik dari media massa maupun media elektronik, menetapkan hari kunjungan (hari besuk) bagi keluarga atau kerabat yang ingin berkunjung, pemberian remisi kepada Anak Pidana setiap tanggal 17 Agustus dan hari besar keagamaan, memberikan kesempatan berasimilasi dengan masyarakat dan lingkungan sekitar baik asimilasi kedalam dan asimilasi keluar, memberikan pembebasan bersyarat dan cuti menjelang bebas kepada Anak Pidana yang telah memenuhi syarat dan ketentuan tertentu. Hambatan dalam pelaksanaan hak-hak Anak Pidana di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kutoarjo secara garis besar adalah keterbatasan fasilitas, sarana dan prasarana yang disebabkan kurangnya dana pembangunan dari pemerintah, kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menangani permasalahan Anak Pidana, kurangnya perhatian dari keluarga, masyarakat, instansi/lembaga lain dan pemerintah terhadap keberadaan Anak Pidana. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut adalah menghimpun dana dengan melakukan kerjasama dengan instansi pemerintah maupun lembaga sosial kemasyarakatan guna pembangunan dan penyediaan sarana dan prasarana, meningkatkan kualitas Petugas Pemasyarakatan melalui pelatihan-pelatihan, mengadakan pendekatan kepada Anak Pidana dan keluarganya, mengajak masyarakat lebih memperhatikan keberadaan Anak Pidana dengan mengundang pihak luar untuk berkunjung kedalam Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS).

Implikasi teoritis penelitian ini adalah terbentuknya peraturan tentang pemasyarakatan anak yang berdiri sendiri, sedangkan implikasi praktisnya adalah hasil penelitian ini dapat dipakai sebagai rujukan dalam pelaksanaan hak-hak Anak Pidana di Lembaga Pemasyarakatan  Anak Kutoarjo.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Rofikah, S.H.,M.H
2. Sabar Slamet, S.H.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum