Penulis Utama : Dwi Rakhmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Analisis saluran distribusi terhadap volume penjualan pada PT. Sempulur Pratama Polanharjo Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi Program DIII Manajemen Pemasaran NIM.F 3203035
Subyek : STRATEGI PEMASARAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Memasuki abad ke-21 atau era milenium ini, kehidupan dunia bisnis diwarnai dengan persaingan yang semakin ketat, karena di era baru ini diberlakukan globalisasi ekonomi dimana pelaku-pelaku ekonomi diperkenankan untuk melakukan kegiatan ekonomi di berbagai negara baik sebagai lokasi dalam menjalankan usaha maupun untuk memasarkan hasil industrinya. Berbagai strategi dilakukan perusahaan untuk menghadapi keadaan ini dan mempersiapkan diri agar dapat bersaing secara sehat dengan para kompetitornya dengan harapan dapat meningkatkan volume penjualannya. Salah satu strategi yang umumnya digunakan perusahaan adalah dengan strategi distribusi, karena distribusi merupakan ujung tombak dari seluruh kegiatan operasional perusahaan dimana akan menentukan besar kecilnya volume penjualan yang akan dihasilkan.

PT. Sempulur Pratama adalah perusahaan yang bergerak dalam bdang tekstil dimana handuk sebagai produknya. Salah satu strategi pemasaran yang digunakan adalah pemilihan saluran distribusi. Oleh karena itu dibutuhkan saluran distribusi yang paling efisien jika ditinjau dari nilai volume penjualan, biaya distribusi, efisiensi biaya distribusi terhadap nilai volume penjualan dan estimasi return o n investment. Dengan saluran distribusi yang tepat maka perusahaan dapat dengan mudah menyalurkan produknya ke tangan konsumen akhir.

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran distribusi mana yang lebih menguntungkan untuk digunakan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari obyek penelitian antara lain data kualitatif berupa sejarah perusahaan, struktur organisasi perusahaan, strategi pemasaran perusahaan dan data kuantitatifnya berupa biaya distribusi dan volume penjualan selama 5 tahun terakhir yaitu dari tahun 2001 hingga tahun 2005. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis efisiensi dan analisis estimasi return o n investment.

Berdasarkan hasil analisis efisiensi dapat diketahui bahwa persentase rata-rata saluran distribusi tidak langsung sebesar 2,05 % lebih efisien bila dibandingkan dengan persentase rata-rata saluran distribusi langsung yaitu 4,02 %, karena semakin kecil persentase biaya distribusi dari nilai volume penjualan , maka dapat dikatakan saluran yang dipergunakan tersebut paling efisien. Sedangkan dari hasil analisis estimasi return o n investment peningkatan biaya distribusi dan nilai volume penjualan dari saluran distribusi tidak langsung yang dapat menghasilkan laba yang paling optimal sebesar 48,39 lebih besar bila dari pada tingkat laba yang dihasilkan saluran distribusi langsung sebesar 24,30. Untuk analisis ini dipilih saluran yang paling menguntungkan dengan hasil R tertinggi.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pemilihan saluran distribusi oleh PT. Sempulur Pratama dalam memasarkan produk yang dihasilkan lebih diprioritaskan pada saluran distribusi tidak langsung dimana lebih efisien dalam hal biaya distribusinya dan lebih menguntungkan bila dilihat dari tingkat laba yang dihasilkan.
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Sri Suwarsi, MM
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis