Penulis Utama : Ambar Rubyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2007
Judul : Pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan dengan kepercayaan pada pemimpin sebagai variabel pemediasi (studi pada PT. Jamu Air Mancur Palur Karanganyar)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2007
Kolasi : xii, 76 hal.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi Jurusan Manajemen NIM.F1205507
Subyek : KEPEMIMPINAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini dilakukan di PT. Jamu Air Mancur Palur Karanganyar dengan maksud untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja dengan kepercayaan pada pemimpin sebagai variabel pemediasi. Berdasarkan pada rumusan masalah dan tujuan penelitian maka diajukan hipotesis sebagai berikut : kepemimpinan transformasional berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan, kepemimpinan transformasional berpengaruh positif terhadap kepercayaan pada pemimpin, kepercayaan pada pemimpin berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan, kepercayaan pada pemimpin memediasi pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan.

Penelitian ini dilakukan dengan metode survey. Data primer diperoleh dengan penyebaran kuesioner kepada 125 karyawan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Proportional Random Sampling, pengambilan sampel dilakukan dengan membagi populasi ke dalam sub populasi. Uji istrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas menggunakan korelasi Product Moment Pearson dan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi yang mencakup analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda.

Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan, hal ini terbukti dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,386 dan nilai t-hitung sebesar 9,979 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000. Kepemimpinan transformasional juga mempunyai pengaruh positif terhadap kepercayaan pada pemimpin, hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,331 dan nilai t-hitung sebesar 9,266 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000. Kepercayaan pada pemimpin juga berpengaruh positif terhdap kinerja karyawan, hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,827 dengan nilai t-hitung sebesar 11,081 dan tingkat signifikan sebesar 0,000. Analisis regresi berganda digunakan untuk menguji adanya variabel mediasi yang ditunjukkan dengan adanya hipotesis keempat. kepemimpinan transformasional dapat berpengaruh langsung ke kinerja karyawan dan juga dapat berpengaruh tidak langsung yaitu dari kepemimpinan transformasional ke kepercayaan pada pemimpin (sebagai mediasi) lalu ke kinerja karyawan. Besarnya pengaruh langsung adalah 0,206, sedangkan besarnya pengaruh tidak langsung harus dihitung dengan mengalikan koefisien tidak langsungnya yaitu (0,386) X (0,544) = 0,210. Jadi, setelah adanya kepercayaan pada pemimpin sebagai variabel pemediasi, maka pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja karyawan didapat nilai koefisien regresi sebesar 0,206 + (0,386 X 0,544) = 0,416. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan setelah adanya mediasi dari kepercayaan pada pemimpin adalah positif dan meningkat.

Dari hasil tersebut di atas peneliti memberi saran supaya perusahaan meningkatkan kepemimpinan transformasional dan kepercayaan pada pemimpin sehingga tergolong tinggi. Hal ini dikarenakan, hasil analisis deskriptif didapat bahwa sebagian besar karyawan menilai kepemimpinan transformasional dan kepercayaan pada pemimpin adalah sedang. Oleh karena itu perlu adanya peningkatan kepemimpinan transformasional agar nilainya dapat tergolong tinggi dan sebaiknya atasan juga perlu untuk meningkatkan kepercayaan bawahannya sehingga dapat tergolong tinggi.
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Sinto Sunaryo SE MSi
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis