Penulis Utama : Suryo Tri Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Pengaruh faktor-faktor pencarian informasi, penilaian pelanggan, dan memori iklan terhadap keputusan adopsi produk baru
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi : xv, 64 hal.: ilus., lamp., tab.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi Jurusan Manajemen NIM.F1204292
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pencarian informasi, penilaian pelanggan, dan memori iklan secara individu maupun secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap keputusan adopsi, dan faktor mana yang paling berpengaruh terhadap keputusan adopsi

Berdasarkan tujuan diatas, penulis merumuskan beberapa permasalahan yaitu apakah faktor-faktor pencarian informasi, penilaian pelanggan, dan memori iklan secara individu maupun secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap keputusan adopsi, dan faktor manakah yang paling berpengaruh terhadap keputusan adopsi. Hipotesis yang diajukan dari perumusan masalah tersebut adalah bahwa terdapat (1) ada pengaruh yang signifikan antara faktor pencarian informasi, penilaian pelanggan, dan memori iklan secara parsial terhadap keputusan adopsi. (2) ada pengaruh yang signifikan antara faktor pencarian informasi, penilaian pelanggan, dan memori iklan secara bersama-sama terhadap keputusan adopsi. (3) faktor memori iklan memiliki pengaruh paling dominan terhadap keputusan adopsi.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey dengan penyebaran kuisioner kepada 100 responden. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk Mizone. Metode pengambilan sample yang digunakan adalah Proposive Sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, serta analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi ( ).

Hasil dari analisis data untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas intrumen penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa intrumen penelitian yang berupa kuisioner dinyatakan valid karena tiap butir pernyataan memiliki r hitung lebih besar dari r tabel dan dinyatakan reliabel karena semua variabel memiliki nilai alphayang lebih besar dari 0,6. Dari hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan regresi   Y = -1,336 + 0,101  + 0,163  + 0,485 . Karena semua koefisien regresi bernilai positif maka mempunyai arti bahwa setiap perubahan variabel independen akan diikuti dan diimbangi oleh perubahan variabel dependen secara searah dan linier. Dari hasil uji t diperoleh hasil bahwa besarnya t-hitung untuk pencarian informasi sebesar 2,099, variabel penilaian pelanggan sebesar 2,091, dan variabel memori iklan sebesar 7,055 lebih besar dari t-tabel (1,96) pada taraf signifikansi 0,05. sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor pencarian informasi, penilaian pelanggan, dan memori iklan secara individu berpengaruh terhadap keputusan adopsi konsumen Mizone. Dari uji F diperoleh hasil bahwa besarnya F-hitung (42,956) lebih besar dari f-tabel (2,46) pada taraf signifikansi 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor pencarian informasi, penilaian pelanggan, dan memori iklan secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan adopsi konsumen Mizone. Dari uji t diatas diperoleh hasil bahwa memori iklan memiliki nilai t-hitung paling besar diantara faktor lainnya yaitu sebesar 7,055. Hal ini berarti bahwa memori iklan merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap keputusan adopsi konsumen Mizone. Berdasarkan uji koefisien determinasi ( ) diperoleh hasil Adj. R-Squared sebesar 0,560 berarti bahwa 56% variasi perubahan variabel-variabel pencarian informasi, penilaian pelanggan, dan memori iklan. Sementara sisanya sebesar 44% diterangkan oleh faktor lain yang tidak ikut terobservasi.

Bedasarkan hasil analisis diatas maka dapat diberikan beberapa saran yaitu DANONE-AQUA selaku produsen perlu meningkatkan pencarian informasi, penilaian pelanggan, dan memori iklan untuk meningkatkan keputsan adopsi konsumen Mizone. cara meningkatkan dilakukan sebagai berikut : dengan Semakin banyak informasi konsumen yang diperoleh dari sumber pribadi, sumber komersil, sumber umum, sumber pengalaman, hal ini dapat meningkatkan keputusan proses adopsi, Konsumen semakin memiliki persepsi yang baik melalui kualitasnya dengan menambah fungsi produk selain menggantikan cairan tubuh dan kenaikan harga produk disertai dengan kualitas produk, untuk memori iklan diubah dengan menambah frekuensi penayangan di televisi, memperbaharui iklan dengan memakai selebritis yang sedang naik daun atau sedang populer, dan menjadi sponsor acara-acara yang berhubungan dengan anak muda.
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Siti Khoiriyah, SE, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis