Penulis Utama : Taufiq Nurdiansyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Analisis pengendalian kualitas produk buku rajin dakwah pada departemen finishing CV. Bima Adi Aksara Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi - 2006
Kolasi : x, 64 hal.: ilus.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi Jurusan Manajemen NIM.F1204295
Subyek : BUKU, KWALITAS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pengawasan produk pada tahap proses produksi sangat diperlukan, agar menghasilkan produk jadi yang berkualitas. Hal ini berguna dalam menjaga kepuasan dan kepercayaan konsumen. Masalah yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas buku rajin dakwah berdasar analisis P-chart, Jenis-jenis kerusakan apa yang sering terjadi dan faktor apa yang menyebabkannya.

Sejalan dengan masalah tersebut maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode analisis data yaitu pertama, metode analisis p-chart yang digunakan untuk mengetahui kerusakan produk masih dalam batas pengendalian kualitas atau tidak. Kedua, diagram pareto yang digunakan untuk menggambarkan perbandingan jenis-jenis kerusakan yang terjadi antara lain Warna cover agak kabur ,cetakan tulisan kurang jelas, posisi potongan buku kurang simetris, Terdapat halaman yang kosong Ketiga, diagram sebab-akibat yang digunakan untuk mengetahui jenis-jenis kerusakan produk dan penyebab kerusakannya.

Dari analisis P-chart diketahui bahwa dari total produksi sebesar 58805 ada dua kegiatan yang keluar dari batas pengendalian ,yaitu pada tanggal 13 Juni yang keluar dari batas pengendalian atas ( UCL )yaitu produksi hari itu sebesar 900 ada produk yang rusak sebanyak 30.Sedang pada tanggal 17 Juli dari 1210 produk yang di produksi terdapat 15 produk yang ruak.. Berdasarkan analisis diagram pareto di ketahui bahwa dari semua jumlah kerusakan yang ada yaitu sebanyak 1303, jenis kerusakan tertinggi yaitu cetakan kurang jelas sebanyak 420 kemudian kerusakan pada warna cover kabur sebesar 338 , potongan kurang simetris sebanyak 284 dan halaman kosong sebanyak 268 kerusakan. Faktor-faktor yang menyebabkan kerusakan produk adalah faktor mesin, yaitu disebabkan setting kurang pas, umur mesin yang sudah lama, pemanasan mesin yang kurang. Faktor Manusia juga dapat mnyebabkan terjadinya produk rusak yaitu kesalahan menyusun kertas, konsentrasi yang menurun akibat terlalu benyak pekerjaan, bagian gudang yang kurang teliti membaca order dari produksi.Faktor yang lain adalah Bahan baku yaitu penyimpanan yang kurang aman, pemilihan kualitas kertas yang kurang bagus. Berdasarkan kesimpulan diatas maka dapat diajukan saran-saran sebagai berikut : Persiapan mesin pada setiap proses produksi harus diperhatikan dengan baik, Perusahaan hendaknya mengurangi produksinya pada akhir minggu karena kerusakan produk pada akhir minggu lebih besar di banding hari-hari lainnya, Perusahaan membuat gudang bahan baku agar kertas tetap terjaga kualitasnya, pengawasan kualitas produk hendaknya lebih diperketat agar menekan tingkat kerusakan produk.
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Heru Purnomo, MM
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis