Penulis Utama : Susilowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2007
Judul : Remidiasi pembelajaran fisika menggunakan metode eksperimen dilengkapi pemberian tugas pada pokok bahasan kalor untuk siswa kelas II SLTP tahun ajaran 2003/2004
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2007
Kolasi : xvi, 55 hal.: ilus., lamp., tab.
Sumber : UNS-FKIP Jur. Fisika NIM.K3301053
Subyek : METODE PEMBELAJARAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini dilaksanakan di SLTP Negeri 1 Gatak pada bulan November sampai bulan Desember 2003, bertujuan mengetahui untuk : (i) Ada tidaknya perbedaan pengaruh antara remidiasi pembelajaran Fisika dengan metode eksperimen dan metode demonstrasi terhadap prestasi belajar Fisika siswa pada pokok bahasan Kalor. (ii) Ada tidaknya perbedaan pengaruh antara pemberian tugas individu dan kelompok terhadap prestasi belajar Fisika siswa pada pokok bahasan Kalor. (iii) Ada tidaknya interaksi antara remidiasi pembelajaran Fisika dengan metode pembelajaran dan pemberian tugas terhadap prestasi belajar Fisika siswa pada pokok bahasan Kalor.

Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas II SLTP Negeri I Gatak Tahun Ajaran 2003/2004 yang terdiri dari 6 kelas. Dalam penelitian ini sebagai sampel adalah 4 kelas siswa yang mengalami kesulitan belajar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling yaitu dengan menentukan kelompok yang dikehendaki secara acak dan sampel yang digunakan adalah 120 siswa, yaitu siswa kelas 2A, 2E, 2B dan 2C. Kelas 2A dan 2E merupakan kelompok eksperimen yang diberi pengajaran remidiasi dengan metode eksperimen dilengkapi pemberian tugas berupa tugas individu dan tugas kelompok. Kelas 2B dan 2C merupakan kelompok kontrol yang diberi pengajaran remidiasi dengan metode demonstrasi dilengkapi pemberian tugas berupa tugas individu dan tugas kelompok. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk pengujian hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan fekruensi sel sama dan dilanjutkan dengan uji lanjut anava dengan metode Scheffe.

Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan (i) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara remidiasi pembelajaran Fisika dengan metode eksperimen dan metode demonstrasi terhadap prestasi belajar Fisika siswa pada Pokok Bahasan Kalor (Fa=5,948≥F0,05;1,116=3,927). Dari uji komparasi ganda yaitu FA12=5,948≥Ftabel=3,927, diperoleh kesimpulan bahwa siswa yang mendapatkan remidiasi pembelajaran Fisika dengan metode eksperimen menghasilkan prestasi yang lebih baik dari pada dengan metode demonstrasi (XA1=7,1300>XA2=6,8100). (ii) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pemberian tugas secara individu dan kelompok terhadap prestasi belajar Fisika siswa pada Pokok Bahasan Kalor (Fb=9,139≥F0,05;1,116=3,927). Dari uji komparasi ganda yaitu FB12=9,139≥Ftabel=3,927, diperoleh kesimpulan bahwa siswa yang mendapatkan tugas secara individu mengasilkan prestasi yang lebih baik dari pada tugas secara kelompok (XB1=7,1683>XB2=6,7717). (iii) Tidak ada interaksi antara pengaruh remidiasi pembelajaran Fisika dengan metode pembelajaran dan pemberian tugas terhadap prestasi belajar Fisika pada Pokok Bahasan Kalor (Fab=0,791< F0,05;1,116=3,927).

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Edy Wiyono, M.Pd
2. Drs.Surantoro, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP