Penulis Utama : Sigit Mulato
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2007
Judul : Perbanditan dan pengaruhnya terhadap masyarakat pedesaan di surakarta menjelang akhir abad XIX dan awal abad XX
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2007
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan IPS NIM.4498040
Subyek :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Latar belakang munculnya perbanditan di Pedesaan Surakarta menjelang akhir abad XIX dan awal abad XX, macam dan karakteristiknya (2) Aktivitas perbanditan di pedesaan Surakarta (3) Pengaruh perbanditan terhadap masyarakat pedesaan di Surakarta.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah. Metode sejarah adalah seperangkat asas dan kaidah-kaidah yang sistematis untuk membantu secara efektif dalam mengumpulkan sumber-sumber sejarah, menilainya secara kritis dan menyajikan dalam karya sejarah melalui historiografi. Metode ini mempunyai beberapa langkah yang harus dilalui: heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis historis, yaitu analisis yang mengutamakan ketajaman interpretasi atau penafsiran data yang diperoleh. Data yang diperoleh di kritik dan diinterpretasikan sehingga menghasilkan fakta sejarah. Dari fakta sejarah itu akan disajikan dalam bentuk penulisan sejarah atau historiografi.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil suatu kesimpulan: (1) Perbanditan yang muncul dan berkembang di pedesaan Surakarta merupakan bentuk protes masyarakat yang merasa dirugikan oleh kebijakan pemerintah kolonial tentang penghapusan sistem apanage. Dominasi pemerintah kolonial terhadap kehidupan ekonomi, sosial dan politik masyarakat pedesaan di Surakarta telah menyengsarakan rakyat, sehingga masyarakat berusaha keluar dari penderitaannya itu dengan melakukan tindak menentang kolonial di antaranya perbanditan. (2) Perbanditan yang terjadi di Surakarta merupakan bentuk kejahatan yang meresahkan, tetapi di pedesaan terdapat masyarakat yang bersimpati dan mendukung tindakan para bandit, terutama bandit yang sosial karena mau membagikan harta rampasannya kepada masyarakat miskin di sekitarnya. Berbeda dengan bandit sebagai penjahat murni yang dibenci oleh seluruh kalangan masyarakat tanpa terkecuali, karena bandit ini dalam mencari sasaran tidak membeda-bedakan apakah korban orang yang kaya atau petani miskin. (3) Perbanditan yang terjadi di pedesaan Surakarta berpengruh dalam kehidupan ekonomi, karena aksi perbanditan biasanya dilakukan dengan tujuan mencukupi kebutuhan hidup keluarga bandit dan masyarakat sekitarnya. Selain itu munculnya perbanditan di sekitar perkebunan jelas mengganggu proses produksi perkebunan. perbanditan juga telah mengganggu stabilitas politik pemerintah kolonial di Surakarta, karena dengan munculnya bandit menjatuhkan wibawa pemerintah kolonial di Surakarta. Munculnya perbanditan telah mempengaruhi keamanan dan ketertiban masyarakat, karena telah menimbulkan keresahan sosial  di pedesaan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Sri Wahyuning.S,MPd
2. Dra. Sutiyah, MPd. MHum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP