Penulis Utama : Adi Purnomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2007
Judul : Analisa yuridis kasus persekongkolan tender dalam penjualan kapal tanker very large crude carrier (vlcc) oleh pt pertamina terhadap pelaksanaan undang undang nomor 5 tahun 1999 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat ( studi kas
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2007
Kolasi : xiv, 109 hal.
Sumber : UNS-Fak. Hukum NIM.E0003001
Subyek : PERSEKONGKOLAN TENDER
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kasus persekongkolan tender dalam penjualan dua unit kapal tanker Very Large Crude Carrier (VLCC) oleh PT Pertamina terhadap pelaksanaan Undang-undang Nomor 5 Tahun 1999, hal-hal yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan Undang-undang Nomor 5 Tahun 1999 serta upaya penyelesaian yang ditawarkan oleh penulis untuk mengatasi hambatan pelaksanaan Undang-undang Nomor 5 Tahun 1999 dalam penjualan dua unit kapal tanker Very Large Crude Carrier (VLCC) oleh PT Pertamina        

Penelitian ini dilihat dari tujuannya termasuk jenis penelitian hukum empiris bersifat deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Sumber data berasal dari sumber data primer yaitu hasil wawancara dengan anggota majelis komisi (KPPU), panitera dan personal supporting data dalam memeriksa kasus persekongkolan tender dalam penjualan dua unit Very Large Crude Carrier (VLCC) oleh PT Pertamina. Sumber data sekunder yaitu buku, literatur, peraturan perundang-undangan, laporan, arsip, dan dari internet. Setelah data diperoleh lalu dilakukan analisis data kualitatif dengan model interaktif.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan maka disimpulkan bahwa untuk melaksanakan divestasi dua unit VLCC, PT Pertamina melakukan penunjukan secara langsung Goldman Sachs sebagai financial advisor dan arranger. Dalam divestasi tersebut, Frontline akhirnya menjadi pemenang dengan total penawaran dan skor tertinggi diantara shortlisted bidder lainnya. Setelah melalui proses pemeriksaan oleh KPPU dan berdasarkan putusan KPPU atas perkara No.07/KPPU-L/2004 diputuskan bahwa PT Pertamina dan Goldman Sachs terbukti melanggar Pasal 19 huruf d Undang-undang Nomor 5 Tahun 1999 yakni melakukan diskriminasi terhadap pelaku usaha tertentu sehingga mengakibatkan terjadinya praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat KPPU juga memutuskan bahwa PT Pertamina, Goldman Sachs, Frontline dan PT Pelayaran Equinox telah terbukti melanggar Pasal 22 Undang-undang Nomor 5 Tahun 1999 dalam hal melakukan persekongkolan dengan pihak lain guna mengatur atau menentukan pemenang tender sehingga dapat mengakibatkan terjadinya persaingan usaha tidak sehat.

            Manfaat teoritis penelitian ini adalah sebagai sarana untuk dapat mengembangkan teori-teori ilmu hukum dalam rangka penegakan hukum persaingan usaha di negara Indonesia, sedangkan manfaat praktisnya adalah hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi aparat penegak hukum dan masyarakat dalam  pelaksanaan Undang-undang Nomor 5 Tahun 1999.

Kata kunci: kapal tanker VLCC, persekongkolan tender, praktek diskriminasi dan persaingan usaha tidak sehat.
File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dr.Jamal Wiwoho, S.H.,M.Hum
2. Pujiono, S.H., M.H
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum