Penulis Utama : ML. Astri Prehtin Noviana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2007
Judul : Efektivitas bank indonesia dalam pembinaan dan pengawasan terhadap kesehatan bank perkreditan rakyat di Wilayah Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2007
Kolasi : xiii, 79 hal.
Sumber : UNS-Fak. Hukum NIM.E0003055
Subyek : BANK PERKREDITAN RAKYAT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) efektivitas pembinaan dan pengawasan yang dilakukan oleh Bank Indonesia terhadap kesehatan Bank Perkreditan Rakyat khususnya Bank Indonesia Cabang Surakarta, (2) hambatan-hambatan yang dihadapi oleh bank Indonesia dalam membina dan mengawasi Bank Perkreditan Rakyat serta upaya-upaya yang telah dilakukan untuk menyelesaikannya.

Penelitian ini termasuk penelitian evaluatif yaitu suatu penelitian yang dipakai untuk mengumpulkan data agar dapat mempengaruhi kebijakan yang ada. Lokasi penelitian dilakukan pada Bank Indonesia Kantor Cabang Surakarta di Jl. Sudirman No.2 Surakarta. Jenis data adalah data primer berupa sejumlah keterangan atau fakta yang penulis peroleh secara langsung di lapangan yang diperoleh langsung dari Bank Indonesia Cabang Surakarta dan data sekunder berupa sejumlah data yang meliputi keterangan - keterangan yang diperoleh melalui studi pustaka, yang meliputi buku-buku, peraturan perundang-undangan, arsip-arsip dan lain-lain yang dapat menunjang serta melengkapi data yang diperlukan. Metode pengumpulan data melalui wawancara atau interview dan studi kepustakaan. Analisis data menggunakan metode analisis interaktif (Interactive model of analysis).

Setelah dilakukan analisis diperoleh kesimpulan bahwa efektivitas pembinaan dan pengawasan tidak langsung secara keseluruhan berjalan baik, terutama dengan semakin meningkatnya kepatuhan BPR dalam memenuhi kewajiban pelaporan serta kebenaran dari data-data atau angka-angka yang dilaporkan secara bulanan, semesteran dan tahunan. Pengawasan langsung dilakukan melalui pemeriksaan setempat yang dilaksankaan dengan melakukan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh tim pemeriksa bank dari BI Cabang Surakarta. Dari hasil survei yang dilakukan tim dari BI Cabang Surakarta melalui pengumpulan data dan informasi, pengecekan fisik, pengujian kebenaran (verivikasi) dan analisa dengan mengacu pasal 27 Undang-undang No.23 tahun 1999 tentang bank Indonesia. Implementasi dari efektivitas pembinaan dan pengawasan Bank Indonesia Cabang Surakarta dapat dilihat sejak tahun 2006 dimana jumlah BPR yang ada di wilayah Surakarta menjadi 89 BPR menurun signifikan dibandingkan tahun 2005 yang berjumlah 139. Hambatan-Hambatan yang dihadapi Bank Indonesia Cabang Surakarta dalam pembinaan dan pengawasan disebabkan karena lemahnya sistem kelembagaan, sistem kualitas pengaturan yang belum berjalan sesuai harapan, masih ditemukan rendahnya efektivitas sistem pengawasan, rendahnya kualitas tata kelola (governance), manajemen dan operasional yang sehat dan profesional, infrastruktur pendukung BanPR yang belum berjalan efektif dan kurangnya pemberdayaan dan perlindungan bagi stakeholders.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Adi Sulistyono, S.H.,M.H
2. Pujiyono, S.H.,M.H
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum