Penulis Utama : Dian Anggraini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2006
Judul : Implementasi undang-undang nomor 5 tahun 1999 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat atas kasus pemblokiran sli PT. Indosat, Tbk oleh Pt Telkom Tbk, pasca pemberlakuan duopoli telekomunikasi di Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2006
Kolasi : xiv, 229 hal.
Sumber : UNS-Fak. Hukum NIM.E0002101
Subyek : PERSAINGAN BISNIS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana implementasi dari Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praltek Monopoli Dan Persaingan Usaha Tidak Sehat jika diterapkan pada kasus pemblokiran SLI milik PT Indosat yang dilakukan oleh PT Telkom, serta penegakan hukum yang dilakukan oleh KPPU Jakarta terhadap pelanggaran atas Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999, hal-hal yang menjadi penghambat dalam implementasi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 serta solusi yang ditawarkan oleh penulis dalam mengimplementasikan Undang-Undangan tersebut terkait dengan pemblokiran SLI  PT Indosat oleh PT Telkom.

            Penelitian ini dilihat dari tujuannya termasuk jenis penelitian hukum empiris bersifat deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Sumber data berasal dari sumber data primer yaitu hasil wawancara dengan tim investigator KPPU  dan sumber data sekunder yaitu buku, literatur, peraturan perundang-undangan, laporan, arsip, dan dari internet.Setelah data diperoleh lalu dilakukan analisis data kualitatif dengan model interaktif.

            Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan maka disimpulkan bahwa Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli Dan Persaingan Usaha Tidak Sehat telah diterapkan dan diimplementasikan sesuai dengan aturan yang ada. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 merupakan umbrella act bagi pelaksanaan telekomunikasi di Indonesia, dimana dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 1999 Tentang Telekomunikasi juga dijelaskan bahwa pelaksanaan layanan jasa telekomunikasi tidak boleh bertentangan dengan prinsip anti monopoli.Pemblokiran SLI PT Indosat terjadi setetalh adanya resturturisasi sektor telekomunikasi dengan pengakhiran hak eksklusivitas yang dimiliki oleh PT Telkom maupun PT Indosat. Dimana PT Indosat berhak menyediakan jasa SLJJ yang selama ini dimonopoli oleh PT Telkom, sementara PT Telkom berhak menyediakan SLI yang sebelum duopoli dikuasai oleh PT Indosat. Hal ini mengakibatkan praktek-praktek bisnis curang. Berdasarkan putusan KPPU Nomor: 2/KPPU-I/2004, PT Telkom dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 15 ayat (3) huruf b serta Pasal 19 huruf a dan b Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999. Hal mana telah diuraikan dalam putusan dan tercermin secara jelas bahwa Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 telah diterapkan sebagaimana mestinya terutama dikaitkan dengan perkara tersebut diatas. Walaupun dalam pelaksanaannya masih terdapat kurang efektifnya penegakan hukum persaingan usaha di Indonesia.

            Manfaat teoritis penelitian ini adalah sebagai sarana rekayasa sosial dalam mengembangkan teori-teori hukum tentang dimensi penegakan hukum yang harus dicapai, strategi penegakan hukum persaingan usaha yang efektif, sedangkan manfaat praktisnya adalah hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan dalam berpikir dan bertindak bagi penegak hukum dan masyarakat dalam mengawasi persaingan usaha.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. DR. Jamal Wiwoho, S.H, M.Hum
Catatan Umum : 2488/2006
Fakultas : Fak. Hukum