Penulis Utama : Hartuti Marlina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Evaluasi penentuan harga pokok produksi dengan metode JOB Order Cost pada CV. Sindhunata
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3301056-2004
Subyek : HARGA POKOK
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi sistem pengklasifikasian biaya dan sistem penentuan harga pokok produk yang diterapkan oleh CV. Sindhunata. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi suatu masukan bagi perusahaan berkaitan dengan masalah penentuan harga pokok produksi.

Objek dari penelitian ini adalah CV. Sindhunata yang merupakan sebuah perusahaan penerbit, yang produk utamanya adalah Lembar Kerja Siswa ( LKS ). Sumber data yang diperoleh berupa anggaran biaya produksi semester I ( Februari - Agustus ), laporan harga pokok produksi dan laporan laba rugi. Data tersebut diperoleh dengan melakukan penelitian kepustakaan serta penelitian lapangan, yang meliputi wawancara dan dokumentasi perusahaan yang berkaitan dengan harga pokok produksi.

Dari data yang diperoleh, penulis mengklasifikasikan biaya-biaya berdasarkan proses produksi serta hubungannya dengan produk. Kemudian penulis menghitung harga pokok produk dengan memperhitungkan biaya sesungguhnya untuk bahan baku dan tenaga kerja langsung, sedangkan untuk biaya overhead pabrik diperhitungkan berdasarkan tarif yang ditentukan di muka.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga pokok produk yang dihitung oleh perusahaan relarif lebih besar bila dibandingkan dengan perhitungan penulis. Hal ini disebabkan adanya perbedaan asumsi dalam membebankan biaya nonproduksi kedalam harga pokok produk.

Berdasarkan temuan tersebut, maka penulis mengajukan saran agar perusahaan hanya mengakumulasi biaya produksi dalam menghitung harga pokok produk, serta terus menggunakan sistem biaya standar.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis