Penulis Utama : Nugroho Setyawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis bauran pemasaran pada jaya gipsum di Papahan Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3201074-2004
Subyek : MANAJEMEN PEMASARAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Bauran pemasaran adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kombinasi dari empat input yang membentuk inti sistem manajemen suatu perusahaan. Empat elemen tersebut adalah penawaran produk, susunan harga, saluran distribusi dan aktivitas promosi. Keempat elemen tersebut merupakan kontrol variabel yang artinya keempat variabel tersebut dapat dikendalikan oleh perusahaan untuk mencapai pasar yang ditargetkan sebelumnya.

Penulis melakukan penelitian pada Jaya Gipsum dengan menganalisis bauran pemasaran yang dilakukan perusahaan tersebut. Jaya Gipsum merupakan perusahaan perseorangan yang melakukan kegiatan penjualan material, memproduksi gipsum dan jasa pemasangan gipsum yang berfungsi untuk memperindah atap atau etalase suatu ruangan. Dalam melakukan kegiatan tersebut perusahaan tidak lepas dari adanya kegiatan bauran pemasaran untuk mencapai target yang direncanakan perusahaan.

Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana usaha yang dilakukan dalam pengembangan produk, untuk mengetahui metode penetapan harga yang digunakan perusahaan, mengetahui saluran distribusi yang digunakan perusahaan dan untuk mengetahui alat promosi yang digunakan perusahaan. Dengan penetapan tujuan tersebut diharapkan penulis dapat mengambil kesimpulan dan memberikan saran mengenai kegiatan bauran pemasaran perusahaan.

Berdasar hasil penelitian, penulis dapat mengambil kesimpulan: pertama pengembangan produk dilakukan dengan penambahan jenis dan jumlah cetakan, dan pengembangan beading tidak diteruskan karena kurang diminati oleh konsumen, kedua faktor yang mempengaruhi penetapan harga antara lain biaya, tingkat kesulitan, tempat pembelian bahan baku, persaingan, dan metode yang digunakan adalah mark up pricing, ketiga saluran distribusi yang digunakan adalah langsung dan tidak langsung, dan distribusi tidak langsung memberikan kontribusi lebih besar dibandingkan dengan distribusi langsung terhadap volume penjualan, dan keempat kegiatan promosi yang dilakukan adalah periklanan dan personal selling dan perusahaan lebih mengutamakan biaya personal selling daripada biaya periklanan.

Adapun saran dari penulis bagi Jaya Gipsum adalah satu Jaya Gipsum hendaknya meningkatkan terus kreativitas dalam menentukan model dan desain dari produk gipsum, kedua untuk penetapan harga dibawah pesaing maka perusahaan hendaknya memperhatikan kualitas produk dan reaksi dari pesaing, ketiga perusahaan hendaknya menjaga hubungan yang baik dengan konsumen maupun pemborong, keempat kegiatan personal selling hendaknya ditingkatkan dengan penggunaan tenaga salesman.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis