Penulis Utama : Zuhaeroh Wijayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis faktor-faktor fundamental yang mempengaruhi risiko sistematik sebelum dan selama krisis moneter
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F030094-2004
Subyek : MONETER
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Krisis moneter yang terjadi di Indonesia telah berdampak langsung pada pasar modal. Dampak tersebut terlihat pada menurunnya harga saham perusahaan publik di Bursa Efek Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor fundamental yang mempengaruhi risiko sistematik saham biasa pada saat sebelum dan selama krisis moneter.

Sampel penelitian terdiri dari 43 perusahaan yang terdaftar di BEJ yang dipilih secara purposive sampling. Data yang digunakan meliputi data harga saham yang diperoleh dari Jakarta Stock Exchange (JSX) Statistic dan data tentang laporan keuangan perusahaan yang diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah regresi linier berganda, dan untuk menguji hipotesis yang diajukan, digunakan Uji-F, Uji-t dan Uji Chow.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel earning variability, likuiditas, asset growth, asset size dan profitabilitas secara bersama-sama tidak berpengaruh signifikan terhadap beta saham. Hasil pengujian pengaruh variabel earning variability, likuiditas, asset growth, asset size dan profitabilitas secara parsial terhadap beta saham menunjukkan bahwa masing-masing variabel tidak ada yang berpengaruh secara signifikan terhadap beta saham. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa beta saham sbelum dan selama krisis moneter tidak mempunyai perbedaan.

Hasil dari pengujian asumsi klasik menunjukkan bahwa tidak terdapat penyimpangan asumsi klasik normalitas, multikolinearitas, autokorelasi dan heterokedastisitas. Dengan demikian model regresi yang dihasilkan merupakan moel yang baik dan tidak bias.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis