Penulis Utama : Sony Hariyadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Penerapan promotional MIX sebagai usaha mendapatkan konsumen pada radio RIA FM Solo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3201097-2004
Subyek : KONSUMEN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Persaingan bisnis radio swasta FM tahun 1999-sekarang telah terjadi dengan sangat tajam khususnya dikota surakarta yang pertumbuhannya cepat, mereka saling berkompetisi untuk merebut pasar pendengar radio dengan memakai berbagai upaya untuk memenangkan persaingannnya dalam mendapat posisi di masyarakat seperti pembuatan program acara-acara radio baru yang inovatif dan penggunaan promotional mix yang dikomunikasikan secara efektif.

Komunikasi pemasaran yang baik akan memberikan kontribusi yang besar terhadap penyampaian pesan-pesan dari perusahaan kepada para konsumennya maka penggunaan promotional mix yang mencakup periklanan, personal selling, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan publisitas sangat diperlukan untuk mendukung keberhasilan komunikasi pemasaran yang sedang dilakukan RIA FM dalam memasuki persaingan bisnis stasiun radio di surakarta.

Masing-masing dari elemen promotional mix dilakukan dengan perencanaan yang matang dengan tujuan pada pelaksanaannya bisa tepat pada sasaran yang dituju dan bisa efisien dari segi finansial yaitu penghematan biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan promosi yang dilakukan.Periklanan dilakukan dengan memakai berbagai media yang dipilih sesuai bentuk pesan yang akan disampaikan. Personal selling digunakan untuk mendapatkan respon lebih kepada konsumen dengan pendekatan secara personal. Hubungan masyarakat diperlukan untuk mendukung kegiatan promotional yang lainnya dengan memberikan sumbangan rasa kepercayaan masyarakat pada perusahaan dan membangun citra perusahaan yan lebih baik. Promosi penjualan yang dilakukannya berbeda dengan produk yang berupa barang disini dilakukan dengan bentuk informasi yang dapat ditangkap dengan indera pendengar, sifatnya intangible maka bentuk promosi penjualannya tidak bisa didemonstrasikan, dipamerkan, maupun diperagakan. Publisitas dilakukan untuk menyebar-luaskan bentuk kegiatan yang dilakukan perusahaan lewat media masa yaitu koran yang berupa pers releas.

RIA FM menggunakan seluruh elemen promotional mix secara bersamaan, satu dengan yang lainnya saling mendukung dalam upayanya meningkatkan jumlah konsumen pengguna jasa radio untuk menyampaikan iklan perusahaannya dan produk yang ditawarkan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis