Penulis Utama : Sri Renaningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Sistem distribusi hasil produksi pad PT. Pabelan Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3201100-2004
Subyek : MANAJEMEN PRODUKSI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pihak-pihak yang terkait dalam kegiatan distribusi pada PT. Pabelan, saluran distribusi yang digunakan serta untuk mengetahui apakah penggunaan saluran distribusi pada PT. Pabelan sudah efektif. Data yang digunakan yaitu data tentang sistem distribusi (pihak-pihak yang terkait dalam kegiatan distribusi, saluran distribusi), volume penjualan tahun 2000-2003, gambaran umum perusahaan. Teknik untuk menganalisa data yaitu menggunakan analisa deskriptif yang memberikan gambaran tentang obyek yang diteliti.  

Hasil analisis menunjukkan bahwa pihak-pihak yang terkait dalam kegiatan disribusi pada PT. Pabelan adalah pusat pemasaran, gudang pemasaran, pengangkutan, perwakilan, salesman, toko buku, konsumen. Saluran distribusi yang digunakan yaitu saluran distribusi langsung dan saluran distribusi tidak langsung. Dalam saluran distribusi langsung produsen tidak menggunakan perantara untuk menyalurkan hasil produksinya, sedangkan saluran distribusi tidak langsung produsen memanfaatkan keberadaan perantara. Perantara yang digunakan yaitu perwakilan, salesman, toko buku. Penggunaan saluran distribusi pada PT. Pabelan sudah cukup efektif, hal ini dapat dilihat pada kenaikan volume penjualan setiap semesternya.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa sistem distribusi hasil produksi pada PT. Pabelan bisa dikatakan sudah baik, hal tersebut dapat dilihat dari pemisahan tugas diantara masing-masing pihak yang terkait dalam kegiatan distribusi. Disamping itu saluran distribusi yang digunakan PT. Pabelan juga sudah tepat, dalam hal ini produsen mampu menjangkau konsumen yang tersebar luas serta menghasilkan volume penjualan yang semakin meningkat.

Saran yang dapat disampaikan yaitu tetap mempertahankan sistem distribusi yang telah ada, perusahaan juga perlu menambah atau menyediakan sarana transportasi,menambah jumlah perantara, membuka kantor perwakilan baru, menambah jumlah salesman, dan mendirikan toko buku sendiri.

 

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis