Penulis Utama : Risna Ardianti Mitavania
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2007
Judul : Hubungan antara Kanker Leher Rahim Stadium Klinik dan Hidronefrosis pada Pemeriksaan IVP
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2007
Kolasi : v, 28 hal.
Sumber : UNS-F. Kedokteran-G.0003169-2007
Subyek : KANKER LEHER RAHIM
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak : ABSTRAK Kanker leher rahim paling sering ditemukan diantara tumor ganas ginekologik dan terdapat stadium-stadium berdasarkan kriteria FIGO yang menggambarkan tingkat keganasan. Pada kriteria FIGO disebutkan bahwa semua penderita kanker leher rahim dengan hidronefrosis ditempatkan pada stadium III B. Gambaran hidronefrosis ini dapat terlihat dengan jelas pada pemeriksaan IVP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kanker leher rahim stadium klinik dan hidronefrosis pada pemeriksaan IVP

Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan Cross Sectional dan subyek penelitian adalah penderita kanker leher rahim yang telah menjalani pemeriksaan klinik ginekologi dan memeriksakan diri ke Lab/SMF Radiologi RSUD dr. Moewardi Surakarta dengan jumlah anggota sampel sebanyak 30 penderita. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Data penelitian dianalisis dengan chi square, dilanjutkan uji korelasi koefisien kontingensi menggunakan program SPSS 16.0 for windows.

Hasil uji statistik dengan menggunakan chi square dan koefisien kontingensi didapatkan X² hitung = 8,167 sedangkan X² tabel = 3,841 dengan derajat bebas = 1, taraf signifikansi 5% dan C = 0,463.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara kanker leher rahim stadium klinik dan hidronefrosis. Dari uji koefisien kontingensi disimpulkan bahwa hubungan antara kanker leher rahim stadium klinik dan hidronefrosis pada penelitian ini berkorelasi cukup kuat.
File Dokumen : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Widiastuti, dr.,Sp.Rad.
2. Andri Iryawan, dr.,MS.,Sp.And.
Catatan Umum : 5614/2007
Fakultas : Fak. Kedokteran