Penulis Utama : Tresia Umarianti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2007
Judul : Hubungan antara Harga Diri dan Prestasi Belajar pada Remaja Mahasiswa Semester III Akademi Kebidanan Mitra Husada Karanganyar Tahun 2007
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2007
Kolasi : x, 32 hal.
Sumber : UNS-F. Kedokteran Progdi. DIV Kebidanan-R.1106026-2007
Subyek : PRESTASI BELAJAR
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Abstrak : ABSTRAK Harga diri merupakan salah satu aspek dari kepribadian dan merupakan suatu landasan yang meyakinkan demi keberhasilan suatu proses belajar. Harga diri didefinisikan rasa menyukai dan menghargai diri sendiri dengan berdasarkan pada hal-hal yang praktis di mana perasaan ini biasanya akan mempengaruhi proses berfikir, perasaan, keinginan, nilai, maupun tujuan hidupnya, yang diperoleh dari interaksi dengan lingkungan terekatnya dan dari sejumlah penghargaan, penerimaan, dan perlakuan orang lain. Harga diri berpengaruh pada sikap remaja dalam kehidupannya sehari-hari.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara harga diri dengan prestasi belajar pada remaja mahasiswa semester III Akademi Kebidanan Mitra Husada Karanganyar. Hasil penelitian diharapkan dapat memberi manfaat bagi orang tua, pelajar, dan dapat menambah pengetahuan tentang peranan harga diri dalam hubungannya dengan prestasi belajar.

Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Subyek penelitiannya adalah mahasiswa semester III Akademi Kebidanan Mitra Husada Karanganyar. Penetapan sampel dengan menggunakan studi sensus. Keseluruhan sampel berjumlah 63 orang, tetapi yang memenuhi kriteria retriksi dan bersedia mengisi koesioner harga diri berjumlah 53 orang. Untuk mengukur harga diri digunakan skala self esteem yang telah diuji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan metode tes re-test dan didapatkan sebesar 0,871 oleh Saraswati (1999). Sedangkan prestasi belajar diukur dari nilai Indeks Prestasi (IP). Setelah itu data yang diperoleh dianalisa dengan rumus korelasi Spearman Rank.

Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara harga diri dengan prestasi belajar pada remaja mahasiswa semester III Akademi Kebidanan Mitra Husada Karanganyar Tahun 2007 sebesar = 0.562 dengan tingkat hubungan yang sedang, dan nilai p lebih kecil dari tingkat kesalahan alpha (0,000 < 0,05). Dengan demikian, suatu prestasi belajar yang baik juga harus dilandasi kepribadian yang baik dalam hal ini harga diri, yaitu dengan cara lebih aktif, optimis, percaya diri, dan sosial dengan lingkungan.
File Dokumen : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Catatan Umum : 6560/2007
Fakultas : Fak. Kedokteran