Penulis Utama : Aditiya Nur Cahyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2007
Judul : Hubungan antara kadar gula darah sewaktu dengan terjadinya stroke ulang di RSUD DR. Moewardi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2007
Kolasi : viii, 42 hal.
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-G.0003029-2007
Subyek : STROKE-DIAGNOSIS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak : ABSTRAK Angka kajadian stroke ulang cukup tinggi, stroke ulang sering terjadi pada pasien yang kurang kontrol. Pada pasien stroke ulang sering didapatkan kondisi yang lebih parah karena terjadi kerusakan yang lebih luas pada otak.. Hiperglikemi sering di jumpai pada pasien stroke, baik pada pasien stroke dengan riwayat Diabetes Mellitus ataupun tanpa riwayat Diabetes Mellitus, 20 – 50% pasien stroke akut bahkan yang tidak memiliki riwayat Diabetes Mellitus, didiagnosis mengalami hiperglikemi. Kadar gula darah yang normal cenderung meningkat secara ringan tetapi progresif setelah usia 50 tahun, terutama pada orang-orang yang tidak aktif. Keadaan hiperglikemi yang berlangsung kronis memberikan dampak yang tidak baik pada jaringan tubuh. Pada pembuluh darah, hiperglikemi dapat mempercepat terjadinya aterosklerosis baik pada pembuluh darah kecil maupun besar termasuk pembuluh darah otak. Keadaan pembuluh darah otak yang sudah mengalami aterosklerosis sangat rentan untuk mengalami sumbatan maupun pecahnya pembuluh darah yang mengakibatkan timbulnya serangan stroke.
Penelitian ini bersifat analitik observasional dengan pendekatan cross sectional dimana teknik sampling yang digunakan adalah purposive random sampling. Besar sampel sebanyak 60 penderita yang merupakan pasien bangsal Saraf bulan Juni 2006 – Oktober 2006. Subyek penelitian diambil dengan kriteria tertentu. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan uji Chi-Square dilanjutkan dengan Odds Ratio untuk mencari nilai kekuatan hubungan.
Hasil analisis Uji Chi-Square didapatkan nilai X2 untuk hubungan kadar gula darah sewaktu dengan terjadinya stroke ulang adalah 8,531 dengan taraf signifikasi 5%, sedangkan X2 tabel = 3,841. Sedangkan nilai Odds Ratio stroke ulang sebesar 5,231. Sehingga H1 diterima, dan Ho ditolak.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada Hubungan antara kadar gula darah sewaktu yang tinggi dengan terjadinya stroke ulang di RSUD Dr.Moewardi Surakarta.
File Dokumen : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agus Soedomo, dr., Sp.S
2. Rosalia S.H, dr., M.Kes
Catatan Umum : 5685/2007
Fakultas : Fak. Kedokteran