Penulis Utama : Agus Eka Norma Yunita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2007
Judul : Tingkat kepuasan pelayanan pasien rawat inap di ruang kebidanan kandungan Rumah Sakit Nirmalasuri Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2007
Kolasi : x, 53 hal.
Sumber : UNS-F. Kedokteran Progdi. DIV Kebidanan-R.1106031-2007
Subyek : KONSUMEN, PELAYANAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Abstrak : ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan pasien rawat inap di ruang kebidanan kandungan rumah sakit Nirmalasuri Sukoharjo. Tingkat kepuasan dinilai dari lima dimensi yaitu, kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan tampilan.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah observasional diskriptif dengan rancangan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien yang dirawat di ruang kebidanan dan kandungan RS Nirmalasuri Sukoharjo sebanyak 40 orang. Teknik pengumpulan data dengan menyebar kuesioner secara bertahap. Analisis diskriptif dengan cara membuat tabel distribusi frekuensi, kemudian diolah dengan menggunakan perhitungan prosentase untuk setiap alternatif jawaban per item pertanyaan caranya yaitu dengan membagi frekuensi jawaban (f) dengan jumlah skor seluruh item soal (N) dikalikan 100%.

Hasil penelitian dari jumlah sampel 40, tingkat kepuasan pelayanan dilihat dari 5 dimensi secara keseluruhan di atas 80% (dikatakan puas) tetapi ada indikator-indikator yang mempunyai nilai di bawah 80%, dari dimensi tampilan/wujud indikator kebersihan ruangan sebesar 70% indikator kenyamanan ruangan sebesar 65,0%, dari dimensi kehandalan indikator kunjungan dokter sebesar 72,5%, dari dimensi tanggapan indikator keberadaan petugas saat dibutuhkan sebesar 72,5% dimensi jaminan indikator kesempatan berkonsultasi dengan dokter tentang kondisi pasien sebesar 72,5%, dimensi empati indikator komunikasi antar dokter dengan pasien dalam upaya kesehatan sebesar 52,5%.

Merasa pusat terhadap pelayanan dengan nilai 86,69%.
File Dokumen : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Darto, dr, SpOG
2. Moch Arief Tq, dr, M.S, PHK
Catatan Umum : 6567/2007
Fakultas : Fak. Kedokteran