Penulis Utama : Asti Andriyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2007
Judul : Hubungan antara tingkat kecemasan dengan sindrom premenstruasi pada mahasiswi DIV Kebidanan jalur reguler UNS Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2007
Kolasi : x, 32 hal.
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. DIV Kebidanan-R.1106002-2007
Subyek : SINDROM PREMENSTRUASI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Abstrak : ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Tingkat Kecemasan dengan Sindrom Premenstruasi pada Mahasiswi DIV Kebidanan UNS Surakarta. Penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang tingkat kecemasan yang berhubungan dengan Sindrom Premenstruasi dan menjadi acuan dalam pemberian penyuluhan kesehatan reproduksi remaja.

Desain penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional, yang dilaksanakan pada bulan Maret 2007 di DIV Kebidanan Jalur Reguler Semester II UNS Surakarta. Tehnik sampling yang digunakan adalah total sampling dan didapatkan 52 responden yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner, yaitu kuesioner (T-MAS) untuk mengukur tingkat kecemasan dan kuesioner Sindrom Premenstruasi untuk mengetahui gejala Sindrom Premenstruasi. Caranya dengan melakukan wawancara untuk tingkat kecemasan dan Sindrom Premenstruasi.

Analisis data dengan SPSS for Windows versi 11.0. Untuk mengetahui hubungan antara tingkat kecemasan dengan Sindrom Premenstruasi digunakan korelasi Kendall Tau ( ) dengan 0,01. Hasil korelasi Kendall Tau ( ) = 0,559 dan p=0,000, sehingga ada hubungan secara positif dan signifikan antara tingkat kecemasan dengan Sindrom Premenstruasi dengan kekuatan korelasi sedang.
File Dokumen : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Wahyuni, S.SiT
2. Moch Arief Tq, dr, MS, PHK
Catatan Umum : 6935/2007
Fakultas : Fak. Kedokteran