Penulis Utama : Sari Purwaningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh saluran distribusi pemasaran terhadap volume penjualan PT. Batik Arjuna di desa Sapen Mojolaban Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3201091-2004
Subyek : PEMASARAN, MANAJEMEN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Saluran distribusi merupakan suatu struktur yang menggambarkan alternatif saluran yang dipilih dan menggambarkan situasi pemasaran berbeda oleh berbagai macam perusahaan atua suatu lembaga usaha. Saluran distribusi terdiri dari seperangkat lembaga yang melakukan semua kegiatan (fungsi) yang digunakan untuk menyalurkan produk dan status kepemilikannya dari produksi ke konsumsi. Masalah pelaksanaan saluran distribusi yang kurang efektif dan karena banyaknya persaingan serta kondisi perekonomian yang tidak stabil mengakibatkan volume penjualan mengalami penurunan. Permasalahan ini melatarbelakangi Tugas Akhir berjudul : “PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI PEMASARAN TERHADAP PENJUALAN PT. BATIK ARJUNA DI DESA SAPEN MOJOLABAN SUKOHARJO”.

Tujuan penulis melakukan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh saluran distribusi pemasaran terhadap volume penjualan pada PT. BATIK ARJUNA di Mojolaban. Metodologi yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan studi pustaka.

PT. Batik Arjuna dalam melaksanakan kegiatan distribusinya menggunakan dua saluran distribusi. Saluran distribusi langsung yaitu saluran distribusi dimana produsen melakukan transaksi langsung kepada pelanggan dan saluran distribusi tidak langsung yaitu produsen menyalurkan produknya ke konsumen melalui jasa perantara.

Metode yang digunakan untuk menganalisis Regresi Linier dan Koefisiens Korelasi. Dari analisis data yang dilakukan diperoleh persamaan regresi linier adalah untuk distribusi langsung y = -1,788 + 15,592 x. Dari perhitungan tersebut penulis dapat menarik kesimpulan apabila biaya distribusi nol, maka volume penjualan sebesar Rp. 1,788 dan apabila biaya distribusi naik sebesar Rp. 1,00 maka penjualan akan naik sebesar Rp. 15,592 sedangkan koefisien korelasi diketahui r = 0,973 ini berarti hubungan antara kedua variabel positif dan kuat. Untuk saluran distribusi tidak langsung y = 0,217 + 11,826 x. Dari perhitungan tersebut dapat ditarik kesimpulan apabila biaya distribusi nol maka volume penjualan sebesar Rp. 0,217 dan apabila biaya distribusi naik sebesar Rp. 1,00 maka penjualan anak naik sebesar 11,826 sedangkan r = 0,902 ini berarti hubungan antara kedua variabel positif dan kuat.

Saran yang dapat penulis berikan adalah perusahaan tetap menggunakan kedua saluran distribusi karena keduanya memberikan pengaruh yang positif dan kuat.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs, Karsono, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis