Penulis Utama : Dwi Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2007
Judul : Hubungan antara tingkat pendidikan formal ibu dengan ketepatan jadwal imunisasi dasar bayi Ddi Polindes Ngudi Husada Kecamatan Ngemplak Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2007
Kolasi : vii, 37 hal.
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. DIV Kebidanan-R.1106035-2007
Subyek : IMUNISASI DASAR BAYI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Abstrak : ABSTRAK Beberapa penyakit menular yang dapat memyebabkan kematian seperti tuberkolosis, hepatitis B, dipteri, tetanus, pertusis, polio, dan campak dapat dicegah dengan pemberian imunisasi. Faktor yang perlu diperhatikan dalam imunisasi adalah ketepatan jadwal imunisasi. Salah satu faktor yang mempengaruhi ketepatan jadwal imunisasi adalah tingkat pendidikan formal ibu. Tingkat pendidikan formal akan mempengaruhi tingkat pengetahuan tentang imunisasi. Pengetahuan tentang imunisasi akan mempengaruhi motivasi ibu untuk mengimunisasikan bayinya dengan tepat sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan formal ibu dengan ketepatan jadwal imunisasi dasar bayi di Polindes Ngudi Husada Kecamatan Ngemplak Boyolali.

Jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah ibu yang mengimunisasikan bayinya yang berumur 9 – 12 bulan di Polindes Ngudi Husada Kecamatan Ngemplak Boyolali pada bulan Maret 2007 sampai April 2007. Pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Besar sampel penelitian sebanyak 32 responden. Teknik analisa data dengan korelasi Spearman Rank (α=0,05).

Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden mempunyai tingkat pendidikan formal menengah. Sebagian besar responden berumur antara 20-30 tahun. Pekerjaan responden paling banyak sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT), dengan penghasilan keluarga rata-rata Rp 300.000,00 – Rp 1.000.000,00. Pada umumnya responden mempunyai 2 orang anak dan tingkat ketepatan jadwal imunisasi sebagian besar termasuk kategori baik. Dari hasil uji statistik menunjukkan bahwa koefisien korelasi sebesar 0,035 dan p < 0,05 yang berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan formal ibu dengan ketepatan jadwal imunisasi dasar bayi.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan atau korelasi yang positif antara tingkat pendidikan formal ibu dengan ketepatan jadwal imunisasi dasar bayi di Polindes Ngudi Husada Kecamatan Ngemplak Boyolali.
File Dokumen : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Rahayu, SST, SKM, M. Kes
2. Muthmainah, dr, M. Kes
Catatan Umum : 7049/2007
Fakultas : Fak. Kedokteran