Penulis Utama : Mira Andriyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2007
Judul : Hubungan pengetahuan persalinan dengan kesiapan menghadapi persalinan pada primigravida
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2007
Kolasi : viii, 21 hal.
Sumber : UNS-F. Kedokteran Progdi. DIV Kebidanan-R.1106013-2007
Subyek : PENGETAHUAN PERSALINAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Abstrak : ABSTRAK Persalinan merupakan titik kulminasi tertinggi dari kehamilan, yaitu titik tertinggi dari seluruh persiapan yang dilakukan serta saat yang dinantikan oleh ibu hamil untuk melihat dan memeluk bayinya. Namun disisi lain persalinan bisa mengalami penyimpangan yang dapat berakibat buruk pada ibu maupun bayinya dengan meningkatnya morbiditas dan mortalitas. Setiap ibu hamil mengharapkan kelahiran yang lancar, khususnya pada primigravida. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mempelajari hubungan pengetahuan persalinan dengan kesiapan menghadapi persalinan pada primigravida di Rumah Bersalin Citra Prasasti Sukoharjo.

Desain dalam penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel secara purposive sampling, dengan perhitungan jumlah sampel menggunakan tabel Krecjie dan didapatkan 48 sampel. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitas.

Uji statistik chi squre menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan persalinan dengan kesiapan menghadapi persalinan pada primigravida (p = 0,001). Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa pengetahuan tentang persalinan akan menentukan kesiapan ibu hamil dalam menghadapi persalinan. Primigravida yang mempunyai pengetahuan baik tentang persalinan, akan lebih siap dalam menghadapi persalinan.
File Dokumen : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budiyanti Wiboworini, dr, M. Kes
2. P. Murdani K, dr, MHPED
Catatan Umum : 6998/2007
Fakultas : Fak. Kedokteran