Penulis Utama : Sri Pinilih Budi Pangastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2007
Judul : Teknik Budidaya Adenium (Adenium sp) di Deni Nursery And Gardening, Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2007
Kolasi : v, 49 hal.
Sumber : UNS-F. Pertanian Prog. DIII Agribisnis Hortikultura dan Arsitektur Pertamanan-H.3304060-2007
Subyek : ADENIUM, BUDIDAYA
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak : ABSTRAK Daya tarik Adenium tidak hanya terletak pada keindahan dan warna-warni bunganya, tetapi juga pada bentuk bonggol dan akarnya yang besar itu dapat ditonjolkan keluar atau dililit seperti anyaman/kepang rambut sehingga menambah indah penampilannya. Adenium juga dapat dibentuk menyerupai bonsai dengan daun yang rimbun dan memiliki bunga yang lebat.
Sejak diperkenalkan dengan berbagai variasi bunga tersebut, di Indonesia terjadi booming Adenium. Permintaan Adenium dari masyarakat melonjak karena fungsinya tidak hanya sebagai tanaman hias, tetapi juga bisa menjadi pengisi parsel atau antaran di hari raya keagamaan. Konsekuensinya harga Adenium ikut meroket (Beikram dan Agus, 2004) harga parsel Adenium per unitnya dari 100 ribu sampai puluhan juta rupiah.
Dengan semakin bertambahnya permintaan Adenium membuat pesaingan di tingkat produsen menjadi lebih ketat mulai bermunculan penangkar-penangkar baru. Masing-masing dari mereka berusaha memberikan kualitas yang terbaik yaitu berupa bunga yang indah serta bonggol dan akar yang besar. Dengan penggunaan teknik budidaya yang tepat kemungkinan didapatkan Adenium yang berkualitas tinggi sangat besar.
Untuk dapat masuk ke dunia usaha tanaman hias, diperlukan bekal yang tidak hanya cukup dengan teori saja. Oleh karena itu diperlukan pengalaman dan pengetahuan secara langsung bagaimana usaha tersebut berjalan di lapang. Untuk memperdalam pengetahuan dan meningkatkan keahlian dalam melakukan budidaya Adenium, maka penekanan kegiatan magang ini diarahkan untuk mempelajari teknik budidaya Adenium di Deni Nursery and Gardening, Karanganyar.
File Dokumen : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sugijono, MP
2. Ir. Eddy Tri Haryanto, MP
Catatan Umum : 6276/2007
Fakultas : Fak. Pertanian