Penulis Utama : Guntur Agung Wibowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2007
Judul : Pengendalian Mutu (Quality Control) di Perusahaan Timun Jepang Agrindo Boga Santika Klaten, Jawa Tengah
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2007
Kolasi : iv, 52 hal.
Sumber : UNS-F. Pertanian Prog. DIII Teknologi Hasil Pertanian-H.3104060-2007
Subyek : PENGAWASAN MUTU
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak : ABSTRAK Timun merupakan jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat dalam kehidupan manusia. Menurut data Direktorat Gizi Depkes R.I (1981) dalam Rukmana (1994), dalam setiap 100 gram mentimun segar mengandung 12 kalori; 0,6g protein; 0,2 g lemak; 2,4 g karbohidrat; 0,5 g serat; 0,4 g abu; 19 mg kalsium; 12 mg fosfor; 122 mg kalium; 0,4 mg zat besi; 5 mg natrium; 0,02 mg vitamin B1; 0,02 mg vitamin B2; 0,1 niacin; 10,00 mg vitamin C.
Timun memiliki bermacam-macam jenis. Salah satu jenis timun tersebut adalah timun jepang. Timun jenis ini dapat diolah menjadi asinan dengan tujuan untuk mempertahankan kualitas dari timun jepang tersebut.
Dalam kaitannya dengan prospek pengembangan mentimun, timun asinan memiliki potensi yang tinggi dalam pasar eksport. Rukmana (1994) menyebutkan bahwa khusus untuk pasar ekspor mentimun, saat ini yang paling potensial adalah Jepang. Permintaan pasar Jepang terhadap mentimun rata-rata 50.000 ton per tahun, terutama dalam bentuk “mentimun asinan”.
Salah satu perusahaan yang memanfaatkan prospek timun jepang ini adalah Perusahaan Timun Jepang Agrindo Boga Santika. Perusahaan ini menitikberatkan pada pembuatan asinan timun jepang sebagai komoditas utama mereka untuk diekspor ke Jepang. Salah satu kegiatan pengolahan asinan timun jepang ini adalah quality control (pengendalian mutu). Proses quality control (pengendalian mutu) ini bertujuan untuk mengontrol kualitas produk agar kualitas produk tetap terjaga sehingga konsumen tetap percaya pada kualitas produk yang dihasilkan.
Oleh karena itu, kegiatan magang diperlukan oleh mahasiswa untuk pemahaman lebih dalam tentang quality control di lapangan kerja. Untuk menunjang kegiatan tersebut, Perusahaan Timun Jepang Agrindo Boga Santika, Klaten yang kemudian dilanjutkan ke PT. Karoma Bumi Wasesa, Cepogo, Boyolali, dipilih sebagai lokasi kegiatan pemahaman materi di lapangan.
File Dokumen : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. MAM. Andriani, MS
2. Godras Jati Manuhara, S.TP
Catatan Umum : 6761/2007
Fakultas : Fak. Pertanian