Penulis Utama : Hartini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis pengendalian kualitas untuk mencapai sasaran produksi pada PT. Sawahkaruna Agung Tekstil Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3501034-2004
Subyek : MANAJEMEN PRODUKSI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Hal yang melatar belakangi penulisan laporan ini adalah penulis melihat bahwa seiring dengan semakin banyaknya pesaing-pesaing yang muncul, perusahaan perlu memperhatikan masalah kualitas agar dapat bersaing dengan perusahaan lain. Dengan permasalahan tersebut diatas maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kerusakan produk yang terjadi pada perusahaan PT. SAWAHKARUNIA AGUNG TEKSTIL di Karanganyar dan untuk mengetahui biaya pengendalian kualitas yang paling efisien yang digunakan.

Metode analisis yang digunakan yaitu dengan menggunakan analisis control chart dan analisis biaya pengendalian kualitas. Analisis control chart diugunakan untuk mengetahui rata-rata proporsi kerusakan suatau batas atas (UCL) dan batas bawah (LCL). Sedangkan analisis biaya pengendalian kualitas digunakan untuk mengetahui produk rusak yang optimal yaitu produk rusak dengan biaya pengendalian kualitas yang paling efisien.

Hasil analisis dari analisi control chart selama 3 tahun diperoleh tingkat kerusakan produk yang terjadi pada perusahaan PT. SAWAHKARUNIA AGUNG TEKSTIL masih dalam batas yang wajar karena terletak antara batas atas pengawasan (UCL) dan batas bawah pengawasan (LCL), sehingga dapat dikatakan perusahaan telah malakukan pengendalian kualitas dengan baik. Sedangkan analisis biaya pengendalian diperoleh tingkat kerusahan yang menanggung biaya terendah (q*) lebih kecil dari tingkat kerusakan yang terjadi pada perusahaan, sehingga biaya pengendalian kualitas juga menjadi lebih besar.

Agar kualitas produk dapat meningkat maka perusahaan disarankan untuk melakukan perawatan mesin yang terprogram, perbaikan gudang penyimpanan agar mutu bahan baku tetap terjaga dan memilih bahan baku yang baik.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis