Penulis Utama : Patmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Penentuan pola produksi pada perusahaan konveksi UD. Putra Kembar Ngemplak Banaran Kalijambe
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3201513-2004
Subyek : MANAJEMEN PRODUKSI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penentuan pola produksi merupakan masalah yang penting, karena akan menjadi dasar dalam merencanakan kebutuhan-kebutuhan tenaga kerja, bahan baku, maupun fasilitas-fasilitas lainnya. Ada tiga macam pola produksi antara lain pola produksi konstan, pola produksi bergelombang dan, pola produksi moderat. Cara menentukan atau memilih pola produksi yang tepat bagi perusahaan, akan terjadi bila luas produksi dipecah-pecah untuk periode pendek yang mempengaruhi biaya perputaran tenaga kerja, biaya simpan dan biaya sub kontrak. Tentunya pola produksi akan menimbulkan biaya  -biaya.

Tujuan penulis melakukan penelitian adalah untuk mengevaluasi  pengaruh pola produksi terhadap incremental cost dan mengevaluasi pola produksi yang paling tepat digunakan sehingga dapat meminimalkan biaya tambahan atau Total Incromental Cost yang terendah.

Analisis mencari pemecahan masalah diatas digunakan tiga Analisis yang pertama adalah yaitu analisis trend. Analisis ini digunakan untuk mencari perkiraan penjualan pakaian jadi untuk setiap bulannya pada tahun 2004.Analisis kedua yaitu analisis Indeks musim. Analisis indeks musim dugunakan untuk meramal penjualan tahun 2004 dalam setiap bulannya. Sedangkan analisis ketiga adalah transportasi Bowman yang digunakan untuk mencari jumlah biaya untuk masing-masing pola produksi..

Hasil analisis dapat diketahui biaya tambahan untuk masing-masing pola produksi konstan total biaya Rp. 73.238.100,00 untuk pola produksi bergelombang Rp. 67.544.300,00 dan untuk pola produksi moderat Rp.70.979.100,00. sehingga dapat diketahui pola produksi yang paling tepat adalah pola produksi bergelombang.

         Saran yang dapat penulis berikan yaitu perusahaan konveksi UD Putra Kembar sebaiknya memperhatikan pengalokasian biaya untuk setiap pola produksi yang digunakan, perusahaan lebih membuat desain produk yang menarik konsumen serta meningkatkan kualitas produk. Dalam memilih pola produksi yang tepat perlu diperhatikan tentang biaya tambahan lain misalnya biaya sub kontrak. Maka untuk menentukan pola produksi hendaknya direncanakan secara baik dan lebih dulu mengetahui selera konsumen agar pelanggan merasakan kepuasan terhadap produk tersebut.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra.Intan novela, QA.M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis