Penulis Utama : Rinni Dwi Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Penyusunan alternatif lay out parkir bus bagian timur terminal bus Tirtonadi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik NIM.I0399042-2004
Subyek : LAYOUT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Terminal bus induk Tirtonadi Surakarta merupakan salah satu fasilitas penyedia transportasi umum masyarakat Kota Surakarta dan sekitarnya. Salah satu area yang penting dalam proses pelayanan Terminal Bus Tirtonadi adalah area parkir bus bagian timur. Rute yang dilayani area ini meliputi: bus AKAP rute Solo-Surabaya dan Wonogiri-Jakarta, bus kota rute Palur, Sukoharjo, Kartosuro dan Karang Gedhe dan bus AKDP rute Wonogiri, Sragen, Purwodadi dan Tawang Mangu. Peningkatan jumlah bus pemakai area parkir menyebabkan tidak sesuainya lagi lay out parkir awal. Penelitian ini bertujuan membuat alternatif lay out parkir yang sesuai dengan karakteristik parkir bus bagian timur Terminal Tirtonadi Surakarta saat ini.

Variabel-variabel yang diteliti untuk menggambarkan karakteristik parkir meliputi: durasi parkir, akumulasi parkir, headway kedatangan dan headway keberangkatan. Durasi parkir dan headway kedatangan digunakan untuk menentukan jumlah petak parkir bus yang harus disediakan, sedangkan headway keberangkatan digunakan untuk mengidentifikasi kelancaran sirkulasi bus.

Hasil perhitungan menunjukkan bahwa jumlah petak parkir yang dibutuhkan bus AKAP: 35, bus AKDP: 76 dan bus kota: 49. Alternatif lay out yang dibuat menggunakan sudut parkir 00 , 450 dan 900. Semakin besar sudut parkir maka semakin sulit manuver dan parkir bus tetapi memberi keamanan bagi pejalan karena mengurangi crossing antara pejalan dengan bus. Semakin kecil sudut parkir maka semakin kecil daya tampung area parkir karena ruang manuver bus yang dibutuhkan makin besar.

Kata kunci: terminal bus, petak parkir, durasi parkir, headway kedatangan, headway keberangkatan.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB 1.doc
BAB 2.doc
BAB 3.doc
BAB 5.doc
BAB 6.doc
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bambang Suhardi, ST, MT
2. Roni Zakaria R., ST, MT
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis