Penulis Utama : Sri Murtiningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Optimalisasi persediaan bahan baku biji plastik murni untuk kelancaran proses produksi pada perusahaan plastik bintang fajar di Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3501515-2004
Subyek : BAHAN POKOK PRODUKSI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Optimalisasi persediaan bahan baku dalam Perusahaan berpengaruh sekali terhadap proses produksi. Persediaan bahan baku merupakan faktor yang memegang peranan penting terhadap kelancaran proses produksi.Oleh karena itu persediaan bahan baku perlu adanya ketepatan dalam pemesanan dan keeratan hubungan persediaan bahan baku dengan biaya yang dikeluarakan, persediaan bahan baku yang baik akan memperlancar proses produksi dan meminimalkan biaya pengerluran untuk persediaan bahan baku sehingga pengeluran biaya persediaan bahan baku bisa optimal. Dengan biaya yang optimal dapat menambah laba perusahaan.

Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah bahan baku yang optimal tiap kali pesannya dan untuk mengetahui biaya yang optimal dalam persediaan bahan baku. Dari hasil penelitian yang dkeluarkan diharapkan dapat dipergunakan untuk mengoptimalkan bahan baku, dan berguna sebagai pengendalian produktivitas perusahaan dalam hubungannya dengan pesediaan bahan baku.

Adapun metode yang digunakan dalam analisis data ini adalah menggunakan rumus EOQ, untuk mengetahui jumlah bahan baku yang optimal dan biaya persediaan yang optimal.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemesanan bahan baku pada Perusahan Bintang Fajar belum optimal, pemesanan yang optimal menurut perhitungan dengan rumus EOQ sebesar 27,6 ton tiap pesan. Dan biaya persediaan bahan baku pada Perusahaan Plastik Bintang Fajar juga belum optimal ini dapat dilihat biaya yang dikeluarkan perusahan sebesar Rp 25.453.750,00 lebih besar dibandingkan menggunakan rumus EOQ, dapat diketahui besar biaya yang dikelurakan yaitu sebesar Rp 24.179.166,00.

Saran yang dapat diberikan kepada perusahaan adalah persediaan pada Perusahaan Plastik Bintang Fajar perlu menggunakan metode EOQ untuk meminimumkan pengeluaran biaya persediaan bahan baku sehingga jumlah bahan baku yang dipesan dapat optimal dan biaya persediaan juga optimal dan menambah laba perusahaan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis