Penulis Utama : Indra Narotama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis pengaruh keseimbangan lini terhadap efisiensi proses produksi pada PT. Dzakya Tirta Utama Karangpandan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3501043-2004
Subyek : MANAJEMEN PRODUKSI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

PT. Dzakya Tirta Utama merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang produsen air minum dalam kemasan. Analisis keseimbangan lini digunakan agar diperoleh pemanfaatan yang tinggi dari tenaga kerja dan proses produksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari efisiensi proses produksi terutama untuk waktu kerja yang digunakan pada PT. Dzakya Tirta Utama. Masalah yang hendak dicari jawabannya dari penelitian ini adalah bagaimana mengurangi waktu menganggur karyawan yang sering terjadi pada PT. Dzakya Tirta Utama.

Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis keseimbangan lini untuk menganalisis waktu kerja dalam proses produksi air minum kemasan galon. Analisis dilakukan dengan menentukan cycle time dan menentukan jmlah stasiun kerja minimum yang dibutuhkan untuk menugaskan pekerjaan yang ada dalam menghasilkan produk.

Hasil perhitungan dan analisis mnunjukkan bahwa proses produksi pada PT. Dzakya Tirta Utama dapat diupayakan lebih efisien dengan mengurangi jumlah stasiun kerja yang digunakan melalui perhitungan jumlah stasiun kerja minimum serta menggunakan siklus kerja dengan elemen pekerjaan terlama. Penggunaan jumlah stasiun kerja dari lima menjadi tiga, dapat meningkatkan efisiensi proses produksi yang dijalankan perusahaan.

Berdasarkan kesimpulan tersebut maka prlu diajukan saran-saran yaitu perusahaan menggunakan tiga stasiun kerja agar jumlah waktu menganggur daapat ditekan sekecil mungkin, perusahaan juga bisa mendasarkan siklus kerja pada elemen pekerjaan dengan waktu terlama agar tingkat efisiensi yang dicapai lebih maksimal.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis