Penulis Utama : Dian Nurliawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Penerapan strategi promosi dalam upaya meningkatkan volume penjualan pada hotel quality Solo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3201026-2004
Subyek : IKLAN-ASPEK PEMASARAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Perhotelan merupakan salah satu faktor penunjang pariwisata. Dewasa ini situasi persangan dalam dunia bisnis perhotelan terasa semakin hebat. Hal ini mendorong perusahaan untuk melakukan serangkaian kebijakan di bidang pemasaran, dalam penentuan strategi promosi. Pada saat ini Quality Hotel Solo menggunakan empat macam strategi promosi untuk menyalurkan jasa kepada pelanggan, yaitu periklanan, promosi penjualan, penjualan perorangan (personal selling), dan pensponsoran.

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang terjadi strategi promosi dalam hal ini perklanan, promosi penjualan, penjualan, dan sponsorship terhadap volume penjualan kamar pada Qulity Hotel Solo baik secara bersama-sama maupun individu. Teknik penganalisaan data yang digunakan adalah analisa deskriptif kuantitatif yang meliputi penyusunan laporan dan uji statistik. Uji statistik yang digunakan adalah dengan menggunakan uji regresi berganda. Dari data yang diperoleh berupa data volume penjualan dan biaya-biaya promosi untuk masing-masing variabel strategi promosi yang dikeluarkan setiap tahunnya yang terbagi dalam triwulan.

Hasil yang diperoleh setelah dilakukan pengujian terhadap data adalah besarnya T hitung untuk biaya periklanan adalah sebesar 3,980 sedangkan T tabel yang diperoleh adalah sebesar 2,093 dengan tingkat probabilitas 0,005. Besarnya T hitung untuk biaya promosi penjualan adalah sebesar 3,373 sedangkan T tabel yang diperoleh adalah sebesar 2,093 dengan tingkat probabilitas 0,012. Besarnya T hitung untuk biaya penjualan perorangan adalah sebesar 2,447 sedangkan T tabel yang diperoleh adalah sebesar 2,093 dengan tingkat probabilitas 0.044. Besarnya T hitung untuk biaya sponsorship adalah sebesar 3,765 sedangkan T tabel yang diperoleh adalah sebesar 2,093 dengan tingkat probabilitas 0,007. Pengaruh secara bersama-sama ditunjukkan dengan nilai F hitung 20,657 lebih besar dari F tabel yang diperoleh adalah sebesar 2,9 dengan tingkat probabilitas yang terjadi sebesar 0,000 yang lebih kecil daripada 0,005.

Dari hasil analisa data diatas dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan periklanan mempunyai pengaruh yang paling signifikan terhadap volume penjualan baik diuji secara bersama-sama maupun individu.

Saran yang dapat dikemukakan adalah pihak Quality Hotel Solo sebaiknya mengevaluasi kembali mengenai pelaksanaan kegiatan promosi yang dilakukan guna mencapai peningkatan volume penjualan yang maksimal. Dan sebaiknya mempertahanlan atau bahkan menambah alokasi biaya promosi untuk periklanan karena dapat menghasilkan volume penjualan yang lebih besar bila dibanding dengan promosi penjualan, penjualan perorangan, dan sponsorship.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. K. Tjilik Suwito, MM
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis