Penulis Utama : Umar Arifuddin.Sy
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2007
Judul : Analisis finansial pembenihan Lobster air tawar ( studi kasus pada petani Lobster air tawar di Kabupaten Sukoharjo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi - 2007
Kolasi : xiii, 85 hal.
Sumber : UNS-F. Ekonomi Jur. Ekonomi Pembangunan-F.1105531-2007
Subyek : UDANG (LOBSTER)- PEMELIHARAAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak : ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui profitabilitas dan kelayakan investasi pada usaha pembenihan lobster air tawar di kabupaten Sukoharjo, (2) Untuk mengetahui jangka waktu yang di butuhkan pada usaha pembenihan lobster air tawar di Kabupaten Sukoharjo hingga investasi awal dapat terbayar kembali, dan (3) Untuk mengetahui apakah usaha pembenihan lobster air tawar di Kabupaten Sukoharjo dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani pembenihan lobster air tawar.

Kegunaan penelitian ini adalah, agar dapat di jadikan pertimbangan dan sumbangan pemikiran dalam mengambil keputusan bagi pihak-pihak yang terkait, dan juga diharapkan di jadikan bahan perbandingan untuk penelitian selanjutnya.

Sampel dalam penelitian ini adalah Petani pembenihan lobster air tawar di kabupaten Sukoharjo yang berjumlah 30 sampel petani.

Komponen yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Aspek Ekonomis dan Aspek Finansial. Kriteria Investasi yang digunakan adalah : (1) Net Present Value (NPV), dengan DF 17 % nilainya adalah 413.108.000 atau positif, sehingga proyek budidaya pembenihan lobster air tawar menguntungkan secara finansial, bermanfaat dan layak untuk diteruskan, (2) Internal Rate of Return (IRR) dengan DF 17 %, Hasil perhitungan menunjukkan nilai IRR sebesar 43,74 %, berarti bahwa nilai IRR lebih besar dari pada bunga umum yang berlaku, mak proyek dapat diteruskan, dan (3) Benefit Cost Ratio (B/C Ratio) sebesar 1,70 %, maka proyek dinyatakan feasible dan profitable.

Analisis Payback Periode menunjukkan periode pengembalian modal adalah 2 tahun 8 bulan, Jadi proyek tersebut dapat dipertimbangkan, karena dianggap feasible dan profitable dalam hal pengembalian dana.

Analisis Tingkat Kesejahteraan Petani Pembenihan Lobster Air Tawar di Kabupaten Sukoharjo menurut ukuran BPS berada di atas garis kemiskinan dan termasuk keluarga sejahtera. Tingkat kesejahteraan menurut UMK, Petani Pembenihan Lobster Air Tawar di Kabupaten Sukoharjo sudah berada di atas garis kemiskinan dan sudah termasuk keluarga criteria sejahtera.

Saran yang diberikan penulis dalam penelitian ini adalah, mengingat hasil studi kelayakan pembenihan lobster air tawar di Kabupaten sukoharjo secara finansial layak (feasible), menguntungkan (profitable), dalam hal pengembalian dana awal (BEP) sangat cepat, dan meningkatkan kesejahteraan pihak-pihak yang terkait dalam proyek ini, maka hendaknya pemerintah hendaknya mendukung dan memberikan bantuan, misalnya bantuan dalam bentuk pinjaman lunak.

Keywords : NPV, IRR, BC/Ratio, Sensitivitas, Payback Periode, dan Tingkat kesejahteraan
File Dokumen : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Agustinus Suryantoro, MS
Catatan Umum : 6764/2007
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis