Penulis Utama : Dyah Tri Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis pola permintaan terhadap hunian kamar pada hotel asia Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Universitas Sebelas Maret - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3201034-2004
Subyek : MANAJEMEN PEMASARAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Hotel adalah salah satu bentuk perdangangan jasa Untuk menawarkan produknya diperlukan penetapan harga, agar konsumen dapat membelinya, maka suatu perusahaan harus mempertimbangkan kebijaksanan penetapan harga yang tepat, sehingga nantinya dapat meningkatkan jumlah hunian kamar dihotel, serta dapat memenuhi permintaan di pasar.

Permasalahan yang ada pada hotel Asia adalah bagaimana pola permintaan terhadap hunian kamar pada Hotel Asia, sedangkan tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui pola permintaan hunian kamar di Hotel Asia. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah analisis diskriptif komparatif dengan melihat tingkat hunian kamar dalam satu tahun khususunya tahun 2003.

Permintaan untuk suatu produk tertentu dipengaruhi oleh harga, agar produk tersebut dapat dibeli konsumen. Maka pihak hotel harus menetapkan harga yang sesuai. untuk membedakan harga secara langsung dengan yang ditawarkan oleh hotel pesaing, pihak manajemen Hotel Asia menetapkan strategi harga yaitu Going Rate, Family Plan, dan Conference Rate, selain itu untuk dapat menarik konsumen pihak hotel juga memberikan potongan harga (discount) tertentu dan promosi yang dilakukan oleh Hotel Asia yaitu melalaui sales call kepada perusahaan dan melalui biro-biro perjalana yang bekerjasama dengan hotel.Pola permintaan hunian kamar pada Hotel Asia tinggi pada waktu tertentu saja misalnya pada musim liburan sekolah dan musim orang mempunyai hajatan.

Dalam penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa berdasarkan table 3 dan Grafik 1 tingkat hunian kamar pada Hotel Asia tidak stabil, dan untuk tipe kamar yang tingkat hunianya tinggi adalah tipe kamar Deluxe. Saran yang dapat penulis berikan kepada Hotel Asia adalah memberikan diskon untuk fasilitas lain yang banyak diminati para tamu misalnya swimming pool dan karaoke, serta meningkatkan penjualan makanan dan minuman (Food and Beverage) dengan menawarkan harga special, serta menambah menu makanan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis